Indonesia Open 2023: Viktor Axelsen Juara Usai Tekuk Anthony Ginting
Tunggal putra Denmark Viktor Axelsen juara Indonesia Open 2023 usai menekuk Anthony Sinisuka Ginting/INSTAGRAM

Bagikan:

JAKARTA – Tunggal putra Viktor Axelsen sukses keluar sebagai juara. Dia mengalahkan andalan Indonesia Anthony Sinisuka Ginting untuk mempertahankan gelar ajang berlevel Super 1000 BWF ini.

Axelsen mengalahkan Anthony dalam pertandingan dua gim langsung 21-14 dan 21-13 di Stadion Istora, Senayan, Jakarta, Minggu, 18 Juni 2023. Kekalahan ini sekaligus memperburuk rekor menang-kalah Anthony atas Axelsen menjadi 4-12.

Anthony adalah satu-satunya wakil Indonesia yang mencapai final. Gagal mendapat gelar pada sektor tunggal putra membuat Indonesia pun nirgelar di Indonesia untuk dua edisi berturut-turut.

Anthony mengamankan poin pertama dan mulai tertinggal setelah itu sebelum bangkit untuk mengidentikan skor 7-7. Kedua pemain bermain ketat dan bergantian menghasilkan angka, tetapi sebuah servis yang melebar dari Anthony membuat Axelsen unggul tipis satu poin di jeda.

Axelsen langsung menambah angka setelah interval untuk memperlebar jarak. Tunggal putra Denmark tersebut terus menjauh sampai sebuah pengembalian yang kurang sempurna dari Anthony membuatnya mengamankan gim pertama.

Empat angka beruntun dihasilkan Axelsen pada awal gim kedua. Pebulu tangkis peringkat satu dunia tersebut benar-benar tampil solid dan memaksa Anthony harus terpaut sebanyak enam angka pada saat interval.

Usaha Anthony untuk memperkecil skor benar-benar tidak bisa berjalan mulus setelahnya. Sebaliknya, Axelsen dengan mudah menambah angka sampai berhasil memenangi gim kedua dengan mudah 21-13.

Kekalahan Anthony ini membuat puasa gelar tunggal putra Indonesia di ajang Indonesia Open terus berlanjut. Terakhir kali tungga putra Merah Putih juara di ajang ini adalah pada tahun 2012 lalu melalui keberhasilan Simon Santoso.

Bagi Anthony, kekalahan di final Indonesia Open tahun ini adalah kekalahan kesepuluh beruntun yang ia derita saat menghadapi Axelsen. Di sisi lain, gelar tahun ini adalah gelar ketiga beruntun yang diamankan oleh Axelsen.