Girangnya Indra Sjafri Bisa Hancurkan Vietnam untuk ke Final SEA Games 2023
Pelatih timnas Indonesia Indra Sjafri membawa timnya mencapai babak final SEA Games 2023 Kamboja. (Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA – Pelatih tim nasional Indonesia U-22 Indra Sjafri senang bukan kepalang bisa menghancurkan Vietnam di pertandingan semifinal SEA Games 2023 Kamboja untuk mendapat tiket final.

Indra memimpin skuad Garuda mendapat tiket final ajang dua tahunan itu setelah mengamankan kemenangan dramatis 3-2 atas Vietnam di Stadion Olimpiade, Kamboja, Sabtu, 13 Mei 2023 petang WIB.

“Pertama kali mengucapkan syukur alhamdulillah kita bisa memenangkan pertandingan,” kata Indra Sjafri selepas pertandingan.

Indonesia membuka keunggulan saat laga baru berjalan sepuluh menit melalui Komang Teguh Trisnanda. Vietnam lalu menyamakan skor melalui gol yang dicetak Van Tung setelah memanfaatkan umpan Nguyen Phu Duc. 

Muhammad Ferarri lalu membuat Indonesia kembali unggul selepas turun minum sebelum gol bunuh diri Bagas Kahfa menjadikan kedudukan kembali sama kuat 2-2.

Kemenangan buat Indonesia lalu ditentukan lewat gol Muhammad Taufany di menit tambahan waktu. Hasil itu membawa Indonesia ke final untuk kedelapan kalinya dalam sejarah multicabang ini.

”Saya pikir ini pertandingan yang ketat dari menit pertama sampai terakhir dan kami sempat main dengan 10 orang tapi Alhamdulillah bisa memenangkan pertandingan,” kata Indra.

”Yang kedua saya ingin mengapresiasi pelatih vietnam. Perbedaan cara bermain yang ditunjukkan Vietnam sekarang jauh lebih smooth dan tidak seperti yang sebelumnya terjadi,” tambahnya.

Tiket final ini membuat Indonesia berpeluang mengakhiri paceklik medali emas yang sudah bertahan selama 32 tahun sejak Manila 1991.

Setelah medali emas terakhir itu, Indonesia sudah empat kali memainkan final, tetapi selalu kalah. Oleh karena itu, final kali ini bakal menjadi kesempatan berikutnya buat Indonesia mengakhiri rasa penasaran.