Timnas Indonesia ke Final Usai Bungkam Vietnam di Laga Dramatis
Pemain tim nasional Indonesia mencapai final SEA Games 2023 Kamboja usai kalahkan Vietnam di semifinal. (Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA – Tim nasional Indonesia mencapai final SEA Games 2023 Kamboja setelah menang dramatis 3-2 atas Vietnam pada babak semifinal di Stadion Olimpiade, Kamboja, Sabtu, 13 Mei 2023 petang WIB.

Pertandingan berjalan sepuluh menit, Indonesia langsung mencetak gol untuk mengungguli Vietnam. Gol tersebut dijaring oleh Komang Teguh Trisnanda lewat sundulan.

Komang berhasil menaklukan kiper juara bertahan Vietnam setelah memanfaatkan bola mati dari lemparan ke dalam yang dilakukan oleh Pratama Arhan. Lemparan itu meluncur ke dalam kotak penalti dan berhasil diselesaikan dengan baik ke sisi kanan kiper.

Meski demikian, Vietnam sukses membobol gawang Indonesia yang dikawal Ernando Ari dua puluh lima menit kemudian untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Gol tersebut dicetak oleh Van Tung setelah memanfaatkan umpan Nguyen Phu Duc. Kedudukan imbang tersebut pun bertahan sampai wasit meniup peluit panjang tanda jeda.

Kemudian setelah turun minum, Indonesia langsung mencetak gol kedua untuk berbalik unggul atas Vietnam di menit ke-53. Kali ini giliran Muhammad Ferarri yang mencatat namanya di papan skor.

Sayang, tidak lama setelah itu Pasukan Garuda harus bermain dengan sepuluh pemain setelah Arhan dikartu merah wasit. Eks pemain PSIS Semarang itu diusir dari lapangan karena menerima kartu kuning kedua.

Kemudian di menit ke-79 The Red Dragons sukses menyamakan kedudukan menjadi 2-2 akibat gol bunuh diri Bagas Kahfa yang salah menghalau bola.

Beruntung di menit tambahan waktu ke-95 Indonesia sanggup menambah satu gol lagi melalui tendangan jarak jauh Muhammad Taufany. Kedudukan 3-2 itu pun bertahan hingga peluit panjang menandai laga selesai.

Kemenangan ini otomatis mengantar Indonesia ke partai final. Di pertandingan pamungkas nanti, Garuda akan menghadapi pemenang dari Thailand melawan Myanmar.

Indonesia akan berusaha mengakhiri puasa gelar medali emas sejak 1991. Tercatat ini adalah final kelima Indonesia sejak tahun tersebut, tetapi empat final sebelum ini Indonesia selalu kalah.

Susunan Pemain

Indonesia (4-2-3-1): Ernando Ari, Rizky Ridho, Amiruddin Bagas, Komang Teguh, Pratama Arhan, Alfeandra Dewangga, Ananda Raehan, Marselino Ferdinan, Fajar Fathur Rachman, Muhammad Ramadhan Sananta.

Vietnam (4-3-3): Quan Van Chuan, Phan Tuan Tai, Tran Quang Thinh, Nguyen Ngoc Thang, Le Van Do, Nguyen Van Tung, Nguyen Thanh Nhan, Nguyen Thai Son, Ho Van Cuong, Vo Min Trong, Nguyen Duc Phu.