Traditional Boat Race Persembahkan Medali Emas ke-52 Buat Indonesia
Tim traditional boat race mempersembahkan medali emas ke-52 buat Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja. (Dok. KEMENPORA)

Bagikan:

JAKARTA – Kontingen Indonesia berhasil mengamankan medali emas ke-52 SEA Games Kamboja 2023 melalui cabang olahraga tradisional boat race.

Emas tersebut didapat oleh nomor men’s TBR 13 crew U24 250 meter. Nomor ini menjadi yang tercepat dalam final di Kampot City, Prek Kampot, Sabtu, 13 Mei 2023 siang WIB.

”Selamat kepada Tim Indonesia dari cabang olahraga traditional boat race yang berhasil mempersembahkan medali emas bagi Indonesia di nomor men’s TBR 13 crew U24 250 meter,” demikian tulis Kemenpora.

Tim Traditional Boat Race Indonesia didapuk mendapatkan medali emas setelah sukses mencatatkan waktu 1 menit 2,852 detik. 

Mereka diikuti oleh tuan rumah Kamboja yang berhasil mencatatkan waktu 1 menit 3,779 detik untuk mendapat medali perak serta Vietnam dengan catatan waktu 1 menit 4,229 detik di posisi ketiga untuk medali perunggu.

Tambahan satu medali ini membuat Indonesia kini total telah mengumpulkan 157 medali. Rinciannya 52 medali emas, 43 medali perak, dan sisanya medali perunggu.

Saat ini Indonesia masih menempati posisi keempat klasemen sementara perolehan medali. Merah Putih berada di belakang Vietnam di urutan pertama, Thailand di posisi kedua, dan tuan rumah Kamboja di urutan ketiga.

Indonesia masih memiliki potensi menambah medali emas dari beberapa cabor lainnya. Di antaranya adalah cabang bulu tangkis individual event.