Duel Panas Ajax vs Feyenoord Sempat Terhenti 2 Kali, Kepala Davy Klaassen Bocor karena Jadi Korban Pelemparan
Laga Ajax Amstedam kontra Feyenoord berlangsung panas. (Foto: Twitter/@Feyenoord)

Bagikan:

JAKARTA – Kericuhan warnai laga panas antara Ajax Amsterdam melawan Feyenoord di Piala Belanda atau KNVB Beker. Duel antara dua musuh bebuyutan ini sampai memakan korban.

Kepala Davy Klaassen bercucuran darah karena terkena benda yang dilempar dari tribune penonton.

Pertemuan yang dikenal De Klassieker terjadi pada semifinal Piala Belanda, Kamis, 6 April 2023 dini hari. Laga yang sempat dihentikan sebanyak dua kali akibat ricuh itu akhirnya dimenangi Ajax dengan skor akhir 2-1.

Pemain Ajax Klaassen menjadi salah satu korban dari pertandingan bertensi tinggi ini. Kepalanya sampai bocor bercucuran darah akibat terkena lemparan benda dari arah penonton.

Pertandingan ini sudah panas sejak menit-menit awal sepak mula. Penonton dari kedua tim terlihat langsung menyalakan flare sehingga asap hitam menyelimuti tribun belakang gawang Stadion De Kuip, Rotterdam.

Situasi yang tidak kondusif tersebut membuat pertandingan ini pun sempat dihentikan selama 30 menit. Para pemain pun harus dievakuasi ke luar lapangan.

Ofisial kemudian melanjutkan laga setelah keadaan membaik.

Namun, kejadian itu bukanlah akhir dari kontroversi. Pada pertengahan babak pertama, bintang Ajax, Klaassen, terkena lemparan di bagian belakang kepalanya oleh sebuah benda yang diyakini sebagai korek api.

Kejadian itu membuat jalannya pertandingan menjadi sangat kacau sehingga para pemain kembali ditarik ke luar lapangan. Pihak keamanan kemudian mengonfirmasi telah menangkap pelaku pelemparan itu.

”Malam ini saat semifinal turnamen Piala Belanda, kami melihat seorang pemain terluka di bagian kepala karena seseorang di antara penonton melempar sebuah benda ke lapangan,” demikian bunyi pernyataan resmi federasi sepak bola Belanda dikutip The Sun.

”Hal ini terjadi meskipun sudah ada tindakan pencegahan, seperti jaring di berbagai tempat di stadion. Baru-baru ini seorang pemain dipukuli oleh seorang suporter dan sekarang titik terendah lainnya kembali terjadi

”Ribuan orang pergi ke stadion untuk menyaksikan para pemain bermain sepak bola. Maka sangat gila bahwa mereka ternyata tidak aman di lapangan,” tambah pernyataan itu.

Ajax selanjutnya akan menghadapi PSV di pertandingan final pada 30 April mendatang. PSV sendiri mendapat tiket ke partai pamungkas setelah mengamankan kemenangan 2-1 atas Spakenburg.