Cristiano Ronaldo Tak Hanya Cetak Gol saat Timnas Portugal Menang 4-0 atas Leichtenstein, tapi Juga Rekor Luar Biasa
Pemain Timnas Portugal Cristiano Ronaldo. (Foto: Twitter @selecaoportugal)

Bagikan:

JAKARTA - Cristiano Ronaldo tengah gembira. Dia berhasil membantu timnas Portugal meraih kemenangan besar atas Leichtenstein pada laga perdana kualifikasi Euro 2024 Grup J, Jumat, 24 Maret, dini hari WIB.

Kapten timnas Portugal itu mencetak dua gol dalam laga ini. Gol pertama lewat titik putih pada menit ke-51 dan yang kedua pada menit ke-63.

Sementara dua gol A Selecao dicetak Joao Cancelo pada menit ke-8 dan Bernardo Silva di menit ke-47.

Dua gol itu membuat Ronaldo kian mengukuhkan diri sebagai pemain dengan gol internasional terbanyak sepanjang masa dengan 120 gol.

Tak hanya memegang rekor gol, Ronaldo juga memecahkan rekor lain yang luar biasa. Dia menjadi pemain pria dengan penampilan internasional terbanyak sepanjang masa.

Penyerang Al Nassr itu tampil ke-197 saat Portugal melawan Liechtenstein. Itu membuatnya unggul satu angka dari penyerang Kuwait, Bader Al-Mutawa.

Soh Chin Ann dari Malaysia (195 caps) berada di urutan ketiga dalam daftar. Sementara Ahmed Hassan (184) dan Ahmed Mubarak (183) dari Mesir dan Oman masing-masing melengkapi lima besar.

Ronaldo telah menyamai rekor Al-Mutawa ketika tampil untuk Portugal di perempat final Piala Dunia 2022, Desember tahun lalu.

Berbicara menjelang pertemuan dengan Liechtenstein di Estadio Jose Alvalade, Ronaldo mengungkapkan dia mempertimbangkan untuk pensiun dari sepak bola internasional setelah kekalahan itu.

Namun, dia masuk dalam skuad pertama pelatih baru Portugal, Roberto Martinez.

"Harapan terbesar saya adalah bisa membawa Portugal setinggi mungkin. Saya akan selalu memainkan peran saya saat dibutuhkan," kata Ronaldo, sebelum laga.

"Mendapatkan rekor selalu merupakan hal yang positif dan itu memotivasi saya. Saya suka memecahkan rekor dan sekarang akan memecahkan rekor spesial lainnya. Itu membuat saya sangat bangga," lanjutnya.