Bagikan:

JAKARTA – Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, melangkah ke babak kedua All England 2023 setelah mengatasi wakil Korea Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae. Mereka harus melewati pertarungan selama tiga gim untuk merengkuh tiket ke babak berikutnya.

Bermain di Utilita Arena Birmingham, Inggris, Rabu, 15 Maret 2023, Fajar/Rian memperpanjang langkah mereka setelah mengunci kemenangan dramatis tiga gim 20-22, 21-12, dan 21-19.

Fajar/Rian menghadapi laga ketat pada gim pertama. Mereka harus berbagi empat poin awal dengan lawan untuk kedudukan sama kuat 2-2 dan kemudian memasuki interval dalam keadaan tertinggal.

Selepas jeda, pasangan nomor satu dunia tersebut langsung mencuri dua angka untuk mengidentikan skor 11-11. Mereka juga menahan satu gim poin lawan, sebelumnya mengakui keunggulan mereka.

Duel yang tidak mudah juga terjadi pada awal gim kedua. Namun, Fajar/Rian berhasil mencetak empat angka beruntun untuk memimpin 8-3 sebelum unggul sebanyak lima angka pada rehat.

Setelah lawan menambah dua poin usai interval, Fajar/Rian langsung bangkit dengan mencetak tujuh poin berturut-turut. Mereka pun hanya kehilangan empat poin setelahnya untuk memaksa laga ke gim penentuan.

Awal yang baik didapat pasangan Korea Selatan di gim ketiga. Mereka menghasilkan lima poin beruntun setelah kedudukan 2-2 sehingga dengan nyaman memimpin 11-6 pada istirahat.

Dominasi pasangan Korea terus berlanjut sebelum Fajar/Rian mengejar dan menyamakan skor dua kali 15-15 dan 17-17. Wakil Indonesia itu justru membalikkan keadaan dengan meraih kemenangan setelah sempat tertahan dua kali di match point.

Fajar/Rian adalah wakil kedua Indonesia dari nomor ganda putra yang lolos ke babak kedua. Sebelumnya, juara bertahan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri sudah mencapai fase itu pada laga kemarin.

Di babak berikutnya, Fajar/Rian akan berhadapan dengan wakil Chinese Taipei Lee Jhe-Huei/Yang Po-Hsuan. Fajar/Rian saat ini unggul head to head menang-kalah 2-0 atas calon lawan mereka itu.