Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Marciano Norman, resmi menutup Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang digelar di Golden Ballroom Hotel Sultan Jakarta, Senin, 13 Maret.

Ada beberapa keputusan penting yang diambil dalam Rakernas KONI kali ini. Satu di antaranya adalah menerima dua cabang olahraga baru untuk masuk dalam keanggotan mereka.

Dua cabang olahraga itu adalah beladiri campuran atau MMA serta Pickleball.

Selain itu, ada juga pembentukan KONI Provinsi baru, yakni Papua Selatan, Papua Barat Daya, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.

Pada Rakernas KONI Pusat, Marciano mengajak seluruh pihak bersatu dan bekerja lebih keras untuk olahraga prestasi Indonesia.

Hal itu selaras dengan tema rakernas yakni "Sinergitas dan Soliditas Pemangku Kepentingan Olahraga Mengantar Atlet Meraih Juara".

“Tema itu adalah wujud pengabdian kita, wujud semangat kita kepada bangsa dan negara untuk olahraga Indonesia. Mari kita berkontribusi untuk Merah Putih, semoga ini menjadi satu tanda bahwa olahraga ke depan akan semakin maju dan semakin lebih baik," ujarnya saat memberikan sambutan.

Dalam kesempatan ini, Ketum KONI Pusat itu juga meminta dukungan semua pihak untuk memperkuat Sport Intelligence dan Sport Science agar dapat memberikan nilai tambah kepada atlet Indonesia.

"Mari berkonsentrasi untuk membuka mata dunia bahwa prestasi atlet kita setara dengan negara yang saat ini merajai kejuaraan dunia ataupun Olimpiade," tuturnya.

Berikut ini adalah beberapa keputusan keputusan Rakernas KONI Pusat 2023:

1. Pembentukan KONI Provinsi baru di Papua, antara lain Papua Selatan, Papua Barat Daya, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan,

2. Menerima dua induk cabang olahraga yaitu dari olahraga beladiri campuran atau MMA dan Pickleball,

3. Sepakat bersatu mengurus olahraga, berbagi dan saling menutupi kekurangan yang ada, serta memperkuat semua pemangku kepentingan yang ada.