PABBSI Bakal Dibubarkan, Kepengurusan 3 Cabor Ini akan Terpisah
Ilustrasi (Victor Freitas/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Persatuan Angkat Besi, Angkat Berat, dan Binaraga Seluruh Indonesia (PABBSI) akan dibubarkan. Pembubaran tersebut akan dilakukan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) pada Agustus mendatang. Ada apa gerangan?

Meski dibubarkan, pengurus cabang olahraga  angkat besi, angkat berat dan binaraga akan tetap ada. Nantinya, kepengurusan tiga cabor ini akan terpisah. Hal itu sesuai dengan aturan dari Federasi Angkat Besi Dunia (IWF).

Jadi, ke depannya akan ada Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI), Perkumpulan Angkat Berat Seluruh Indonesia (Pabersi) dan Perkumpulan Binaraga dan Fitnes Indonesia (PBFI). Untuk PABSI akan diketuai Rosan P Roeslani. Sementara Pabersi diketuai Irwan Ali dan PB PBFI dipimpin Ana Maria.

Pemisahan induk organisasi ketiga cabor tersebut akan diumumkan secara resmi pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KONI Pusat. Ketiganya akan langsung diangkat menjadi anggota KONI.

Sementara Wakil Ketua Umum PB PABBSI, Joko Pramono mengatakan, pihaknya harus mengikuti aturan internasional. Hal ini pun sudah disepakati seluruh pengurus dalam musyawarah nasional luar biasa (Munaslub) PB PABBSI, Desember 2019 lalu.

"Kami sudah siapkan akte pendirian ketiga cabang olahraga dan telah terdaftar di Departemen Hukum dan HAM (Depkumham) sebagai organisasi olahraga," ujar Joko.

Dulunya, di dunia internasional, tiga cabor itu tersebut tergabung dalam IWF. Namun, kemudian ketiga cabor memiliki federasi sendiri. Cabor angkat besi dipegang IWF, binaraga diurus WBPF, sedangkan IPF untuk angkat berat.

Diharapkan, pemisahan induk ketiga cabor itu tak akan mengganggu persiapan para atlet. Seperti diketahui, ada sejumlah event internasional yang akan dihadapi, yaitu Olimpiade Tokyo dan SEA Games 2021.