Ketua PSSI Pastikan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Siap Gelar Piala Dunia U-20
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. (Foto: Dok. PSSI)

Bagikan:

PALEMBANG - Ketua Umum PSSI sekaligus Panitia Penyelenggara (LOC) Piala Dunia U-20 2023 Erick Thohir memastikan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring sudah siap menggelar Piala Dunia U-20 2023.

Erick melakukan inspeksi di sejumlah titik saat hadir di lokasi pada Sabtu, 11 Maret 2023. Ia datang bersama Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, serta sejumlah anggota komite eksekutif.

"Ini titik peninjauan kami yang pertama, untuk memastikan kesiapan infrastruktur jelang U20, untuk Palembang. Selain itu ada tiga stadion yang disiapkan untuk latihan," ujar Erick dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu, 11 Maret 2023.

Stadion tersebut adalah satu dari enam stadion yang akan digunakan untuk menggelar kompetisi dari 20 Mei hingga 11 Juni nanti. Saat ini Gelora Sriwijaya hampir menuntaskan persyaratan kelayakan yang diminta oleh FIFA sehingga sudah siap digunakan.

Titik-titik yang diinspeksi adalah field of play yang meliputi rumput, sistem penyiraman rumput, sistem pengatusan (drainase), arena tempat duduk, VIP Area, media broadcast, akses keluar dan masuk, command center, area medis, dan lainnya.

"Secara keseluruhan kondisinya baik. Namun, memang ada beberapa catatan yang harus diperhatikan seperti perbaikan ruang VIP, kontrol room, dan bangku-bangku penonton," kata Erick.

Inspeksi ini dilakukan untuk memastikan tidak ada kekurangan mayor pada venue sebelum kunjungan FIFA pada 21-27 Maret mendatang. Pasalnya, kunjungan induk sepak bola internasional itu bersifat final.

Oleh karena itu, jika ada masalah besar maka tidak menutup kemungkinan dicoret oleh FIFA. Andai itu terjadi maka Indonesia selaku penyelenggara bisa dibuat repot karena jumlah venue pertandingan otomatis berkurang.

Erick juga mengecek kesiapan pasokan listrik untuk acara yang berlangsung selama tiga minggu itu. PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu (UID S2JB), pun akan bertanggung jawab ihwal kesiapan listrik ini.

"Piala dunia U-20 ini adalah momen kita untuk menunjukkan bahwa Indonesia bisa menyelenggarakan kompetisi dengan kualitas terbaik. Jangan sampai gagal. Kami harap setiap pihak terlibat dapat melaksanakan tugasnya secara maksimal," tegas Erick.

Stadion Gelora Sriwijaya yang diresmikan tahun 2004 sudah beberapa kali menggelar hajatan besar, baik yang berskala nasional dan internasional. Tercatat stadion ini pernah dipakai menghelat Pekan Olahraga Nasional 2004, Piala Asia 2007, dan SEA Games 2011.

Venue yang dikelola Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan berkapasitas 30 ribu orang tersebut adalah markas klub Liga 2 Sriwijaya FC. Klub itu saat ini tidak bermain di kasta tertinggal Liga 1 Indonesia.