3 Kandidat Pengganti Zainudin Amali Versi Politisi Golkar dan Profil Singkatnya
Zainudin Amali (tengah) (Dok. Kemenpora)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Setelah masuk dalam jajaran kepengurusan PSSI, Zainudin Amali akhirnya resmi mengundurkan diri dari jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Surat pengunduran diri juga telah disampaikan secara resmi kepada Mensesneg Pratikno. Kandidat pengganti Zainudin Amali sebagai Menpora pun mulai menarik untuk dibahas.

Kandidat Pengganti Zainudin Amali

Hingga artikel ini ditulis, belum bisa dipastikan siapa sosok yang akan menggantikan Zainudin Amali. Muncul beberapa spekulasi terkait nama tokoh yang berpotensi menggantikan Zainudin Amali sebagai Menpora.

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno sendiri menilai kemungkinan posisi Menpora berasal dari Partai Golkar, partai yang juga menjadi kendaraan Zainudin Amali.

Menurutnya, ada satu nama yang berpotensi menggantikan Amali yakni Ketua DPD Golkar Jawa Barat sekaligus Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily.

"Ciri-ciri itu, jika melihat tanda alam mengarah ke Ace Hasan," kata Adi Prayitno dikutip dari VOI.

Berbeda dengan sejumlah kandidat yang disebutkan oleh politikus Golkar Muhamad Fauzi. Ia mengatakan bahwa ada tiga nama di partai yang salah satunya akan menempati kursi Menpora menggantikan Amali yakni Putri Komaruddin, Ilham Permana, dan Dito Ariotedjo.

"Saya belum dapat informasi. Yang saya dapat informasi dari media itu, tiga nama itu yang didorong. Ada Putri, ada Ilham, satu lagi Dito,” ungkapnya di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 1 Maret.

Dari ketiga tersebut akan dipilih salah satu oleh Presiden Jokowi. Ketiganya juga jadi kader terbaik yang dimiliki Golkar untuk menempati posisi Menpora. Meski demikian Fauzi belum bisa memastikan apakah ketiganya sudah secara resmi diusulkan ke Presiden Jokowi.

Profil Singkat Kandidat Menpora

Seperti yang disinggung sebelumnya, politikus Golkar Muhamad Fauzi mendengar ada tiga nama yang berpotensi menduduki kursi Menpora. Berikut profil singkatnya.

  1. Putri Komaruddin

Puteri Antetta Komarudin atau akrab disapa Puteri Komarudin adalah salah satu kader Golkar yang lahir pada 21 Agustus 1993. Ia menjabat sebagai Anggota DPR RI Periode 2019-2024. Ia sempat menempuh pendidikan tingkat diploma di Trinity College Foundation Studies pada 2011. Setelah itu ia menempuh sarjana 1 di Universitas Melbourne, Australia, pada tahun 2015.

Sebelum duduk di kursi DPR RI, Puteri Komarudin sempat meniti karier sebagai jurnalis, yakni di Majalah Perspektif Melbourne dengan jabatan editor bisnis dan ekonomi dari 2013-2016. Ia juga pernah menjadi pengawas bank junior OJK periode 2016-2018.

  1. Ilham Permana

Ilham Permana adalah politisi dari Partai Golkar yang lahir pada 22 Desember 1978. Ia disebut berpotensi duduk di kursi Menpora lantaran memiliki banyak pengalaman di organisasi bidang olahraga. Di internal partai, Ilham menjabat sebagai Ketua Bidang Olahraga dan Pemuda Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar periode 2019-2024. Ia juga dipercata sebagai Wakil Ketua Umum II, Pengurus Besar Wushu Indonesia (PBWI) mulai 2022-2025.

 

 

 

 

 

Lihat postingan ini di Instagram

Di dunia politik, Ilham sempat menjabat sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor untuk masa bakti 2014-2019.

  1. Dito Ariotedjo

Dito Ariotedjo adalah politisi yang lahir pada 25 September 1990. Salah satu pengalaman organisasinya adalah menjadi bendahara umum BEM Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI).

Pengalamannya di bidang olahraga ternyata cukup banyak. Pria yang juga menjadi Tim Ahli Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian ini jadi Ketua Umum Ikatan Sport Sepeda Indonesia(ISSI) dan dipercaya sebagai Ketum Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) untuk masa bakti 2017-2022.

 

 

 

 

 

Lihat postingan ini di Instagram

Dito juga jadi salah satu pendiri Rans Sport bersama Raffi Ahmad dan Rudy Salim. Ia bahkan dipercaya sebagai chairman di Rans Nusantara FC, klub yang sebelumnya dikenal dengan nama Rans FC.

Selain terkait kandidat pengganti Zainudin Amali, kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.