Bagikan:

JAKARTA – Tim balap SAVAcer Motorsport menargetkan keluar sebagai juara umum pada ajang Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2023. Seri pertama ajang tersebut mulai digelar bulan ini.

Tim ini sebelumnya menjadi juara umum dalam BMWCCI Motorsport (BMS) tahun lalu. Kejuaran itu merupakan salah satu program BMW Club Indonesia dan ISSOM 2022.

Pada saat itu SAVAcer bernama BMWCCI Jakarta Chapter Racing Team (JCRT) Sixteen Garage.

"Namun, kami akan tetap bekerja keras agar targetnya adalah juara umum di ISSOM 2023," ujar Team Director SAVAcer Motorsport Damartias Julianto.

Di ISSOM tahun lalu, JCRT Sixteen Garage sukses membawa pulang 60 trofi dari 50 pebalap yang mereka turunkan. Prestasi itu terhitung luar biasa karena pada saat itu tim ini terhitung masih baru.

Tim ini berdiri pada tahun 2017 lalu, tetapi hingga 2021 masih dijalankan dengan belum begitu serius. Keseriusan mengelola tim ini kemudian baru dilakukan saat menyambut musim 2022.

Pengalaman yang minim tersebut membuat JCRT pun harus menghadapi banyak kendala musim lalu, di antaranya ihwal finansial dan adaptasi yang harus dilakukan oleh pembalap baru mereka.

"Tahun lalu administrasi atau finansial kami cukup berat karena kami tim baru. Kami masih perlu dukungan yang cukup banyak. Tahun lalu kita masih gotong-royong, masing-masing tim atau pebalap nyari source sama-sama," ujar Damar.

Pencapaian musim lalu itu membuat SAVAcer Motorsport semakin optimis menatap perhelatan balap tahun ini. Terlebih saat ini mereka sudah mendapat dukungan dari banyak pihak.

Dukungan ini semakin lengkap dengan tim yang diisi oleh para pebalap berprestasi seperti Hendra Kamdani, Lucky Dzulkifli Aziz, Helmiansyah Irawan, serta Reza Rekayasa.

"Lucky ini pebalap paling banyak membawa piala. Tahun kemarin membawa 21 piala dan dapat juara umum di BMS 2022 serta runner up di ETCC (Euro Touring Car Competition). Targetnya tahun ini semua juara umum di BMS ataupun di ETCC," kata Damar.

Sementara itu, tiga pebalap lainnya yang juga baru turun tahun lalu total bisa mendapat 36 piala. Rinciannya Hendra membawa pulang 12 trofi, Reza Rekayasa mengantongi 11 trofi, serta Helmiansyah Irawan berhasil memboyong 13 piala.

Meski demikian, Damar mengatakan tak mudah bagi pihaknya untuk menatap musim balap tahun ini. Apalagi, ISSOM diikuti banyak pembalap senior penuh pengalaman, yang juga kerap berprestasi.

"Kami persiapan sudah 90 persen lebih, hampir menuju sempurna. Namun kita akan coba lihat di seri pertama. Adapun nanti di 2023 akan banyak nanti pesaing-pesaing lawan kami yang cukup tangguh dan cukup senior juga," kata dia.