Bagikan:

JAKARTA - Posisi Chef de Mission (CdM) tiga event besar di tahun 2023, resmi ditunjuk. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono termasuk yang terpilih.

Basuki yang juga Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI), ditunjuk sebagai CdM untuk Kontingen Indonesia yang turun di Asian Games Hangzhou China. Ajang ini dijadwalkan bergulir pada 23 September hingga 8 Oktober.

Nama lain yang dipilih adalah head legal PSSI, Lexyndo Hakim. Ketua Umum Perbasi DKI Jakarta itu ditunjuk sebagai CdM SEA Games Kamboja, 5-17 Mei.

Nama terakhir adalah Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PB PJSI) Letnan Jenderal Maruli Simanjuntak sebagai CdM Asian Indoor and Martial Arts Games (AIMAG) Thailand, 17-26 November.

"Mereka ini adalah orang-orang yang mempunyai gairah dan passion di bidang olahraga. Mereka sudah teruji kemampuannya dan harapannya di tangan mereka Indonesia bisa sukses dan membawa Indonesia ke kejayaannya melalui olahraga," kata Menko PMK Muhadjir Effendy, seperti dilansir dari Antara, Selasa, 14 Februari.

Sementara itu, Ketua KOI Raja Sapta Oktohari mengatakan, pemilihan CdM kali ini dilakukan lebih awal sehingga persiapan menuju tiga multievent tahun ini lebih matang.

"Kami sampaikan kepada publik bahwa Chef de Mission adalah ikon dan penyemangat untuk membawa atlet dan kontingen Indonesia lebih berprestasi," ujar Okto.

Okto berharap, dukungan pemerintah dinilai penting agar komunikasi dengan atlet dan pengurus besar tiap cabang olahraga yang akan dipertandingkan dapat berjalan lancar.

"Kita membutuhkan dukungan ini. Karena setelah Chef de Mission ditunjuk nanti ada komunikasi dengan cabang-cabang olahraga terkait dengan persiapan atlet di pelatnas. Harapannya, ini bisa memberikan semangat baru untuk prestasi ke depan," tuturnya.