4 Cara Memperkuat Tendangan Kaki Kiri agar Lincah dan Powerfull
Ilustrasi tendangan kaki kiri (Unsplash/Md Mahdi)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kaki kiri yang powerfull atau kuat tidak banyak dimiliki oleh para pemain bola. Mayoritas pesepak bola mengandalkan kaki kanannya untuk menendang maupun menggiring bola. Namun ada cara memperkuat tendangan kaki kiri bagi Anda yang ingin memiliki kaki kiri kuat. 

Memiliki kaki kiri yang sama dominan kuatnya dengan kaki kanan sangat berguna dalam permainan sepak bola. Saat kedua kaki sama kuatnya, seorang pemain bola dapat lebih piawai saat melakukan dribbling dan jago dalam menendang. Namun tidak banyak pemain bola yang bisa menggerakkan kaki kiri secara lincah dan powerfull. 

Penggunaan kaki kiri yang dominan dapat membuat seorang pemain tampil ciamik dan lebih maksimal dalam olahraga sepak bola. Terbukti banyak pemain bintang yang kidal atau dominan kaki kirinya, seperti Lionel Messi, Angel Dimaria, Mesut Ozil, Mohammad Salah, dan lainnya. Bagi Anda yang tidak memiliki basic kidal tidak perlu gusar, ada cara untuk memperkuat penguasaan kaki kiri. 

Cara Memperkuat Tendangan Kaki Kiri

Untuk memperkuat kaki kiri, Anda perlu melakukan latihan secara gigih dan konsisten. Memiliki kaki kiri yang kuat bukanlah hal yang mustahil, asalkan Anda melakukan beberapa cara berikut.

Juggling Menggunakan Kaki Kiri

Salah satu latihan yang efektif untuk memperkuat kaki kiri adalah melakukan juggling. Mulailah latihan juggling untuk membuat kaki kiri Anda dominan. Gunakan kaki kiri untuk menendang bola ke udara secara pelan atau tendangan kecil. Kontrol tendangan Anda agar bola tetap bisa dalam penguasaan kaki kiri Anda. Lakukan dengan gerakan pelan terlebih dahulu. 

Latihan juggling menggunakan kaki kiri dapat membantu reflek kaki kiri Anda menjadi lebih baik. Dengan begitu pergerakan kaki kiri Anda bisa lebih lincah dan kokoh. Anda bisa melakukan variasi juggling dari punggung kaki dan paha atau dengan tendangan ringan hingga bola tinggi. 

Shooting Menggunakan Kaki Kiri

Latihan tendangan juga akan memperkuat kaki kiri Anda. Tendangan juga menjadi teknik dasar yang penting dalam sepak bola. Mulailah berlatih shooting menggunakan kaki kiri secara pelan tapi terukur. Cara ini akan membantu Anda meningkatkan akurasi kaki kiri. 

Selain itu, Anda juga perlu menggunakan kaki kiri untuk menendang secara kuat atau powerfull. Tendang bola sekeras atau sekencang mungkin pakai kaki kiri Anda. Latihan ini akan membantu meningkatkan kekuatan dan tenaga tendangan kaki kiri Anda. 

Dribbling Menggunakan Kaki Kiri

Latihan lainnya yang bisa Anda lakukan untuk memperkuat kaki kiri adalah dengan dribbling bola. Mulailah berlatih menggiring bola menggunakan kaki kiri. Anda bisa melakukan dribbling dengan kaki kiri bagian dalam maupun bagian luar. Selain itu, Anda bisa melakukan variasi dribbling, mulai dari zigzag, langkah jauh, hingga gerakan-gerakan atraktif lainnya. 

Latihan dribbling akan membuat kaki kiri Anda menjadi lebih sensitif terhadap bola. Selain itu, cara ini juga berguna untuk meningkatkan kelincahan kaki kiri Anda. Supaya lebih challenging, Anda bisa mengajak partner sebagai lawan yang akan merebut bola dari kaki Anda. 

Passing Menggunakan Kaki Kiri

Cara untuk memperkuat kaki kiri juga bisa dilakukan dengan latihan mengoper atau passing. Mulai biasakan mengoper bola menggunakan kaki kiri. Anda bisa latihan passing pakai kaki kiri bagian dalam, luar, maupun punggung kaki. Latihan ini berguna untuk meningkatkan sensitivitas dan akurasi tendangan kaki kiri Anda. Latihan passing bisa Anda lakukan dengan mengajak teman atau memakai pantulan tembok agar lebih maksimal. 

Demikianlah tips cara memperkuat tendangan kaki kiri bagi Anda yang tidak punya basic kidal. Kaki kiri yang awalnya lemah bisa menjadi kuat dan powerfull asalkan dilatih secara konsisten dan rutin. Dengan memiliki dua kaki yang sama dominan, maka Anda akan menjadi pemain bola yang lebih piawai. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.