Teknik Dasar Wushu dan Jurus Dasar Wushu Internasional
Atlet wushu, Nadhira Mauriskha (Foto via Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bagi Anda yang ingin belajar wushu, ada teknik dasar wushu yang harus dipelajari. Teknik tersebut dibutuhkan agar lebih mudah dalam mengembangkan jurus.

Teknik Dasar Wushu

Wushu tak hanya menjadi seni bela diri namun juga olahraga yang gerakannya melibatkan seluruh anggota tubuh. Gerakannya mencakup lari, lompat, pukul, tendang, bahkan salto. Untuk dapat menguasai wushu, ada teknik paling dasar yang harus dikuasai yakni sebagai berikut.

  1. Ma bu atau Kuda-kuda

Setiap bela diri selalu memiliki gerakan kuda-kuda, termasuk dalam wushu. Kuda-kuda adalah gerakan dasar wushu yang berguna untuk menyeimbangkan tubuh sekaligus menyiapkan tubuh untuk bergerak ke pergerakan selanjutnya.

Cara menerapkan teknik dasar kuda-kuda wushu cukup mudah, Anda diharuskan berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar bahu. Tekuk lutu hingga seperti posisi setengah duduk. Posisi ini juga disebut dengan Ma bu atau posisi menunggang kuda.

  1. Gong bu atau Menunduk

Dalam bela diri wushu, Bong bu dilakukan sebagai simbol pemberian salam kepada lawan. Salam sebagai bentuk penghormatan kepada lawan dalam pertandingan.

Teknik dasar wushu gong bu dilakukan dengan cara berdiri dengan posisi satu kaki lebih di depan dan kaki lainnya di belakang dengan membentuk garis lurus. Posisi lutut tertekuk sedikit hingga membentuk sudut kurang lebih 90 derajat. Sedangkan badan tetap tegap dan pandangan mengarah ke depan.

  1. Xie Bu atau Posisi Istirahat

Dalam wushu, Xie bu adalah posisi istirahat. Cara melakukannya adalah dengan menyilangkan kaki kanan ke atas kaki kiri. Secara sederhana, posisi ini seperti saat Anda sedang bersila di lantai dengan tumpuan pada lutut kiri.

Tak sesederhana itu, pastikan tak ada celah di antara kaki kiri dan kanan, lalu turunkan tubuh ke bawah seperti posisi tubuh saat Anda jongkok, namun badan tetap tegak.

  1. Ce Chuai Ti atau Tendangan Samping

Ce Chuai Ti atau tendangan samping juga jadi teknik dasar wushu. Teknik ini bermanfaat untuk membela diri dan menyerang musuh dari samping dengan tendangan. Untuk melakukannya, Anda perlu berdiri tegap dan posisi tangan di pinggang dengan posisi pergelangan tangan menghadap ke arah atas.

Lalu telapak tangah harus mengepal dengan posisi siku tetap kokoh mendekat ke badan. Salah satu kaki harus berada sedikit ke belakang, lalu angkat lutut kaki di depan hingga di pinggang lalu luruskan. Posisi ini seperti menendang ke arah atas.

  1. Tan Tui atau Tendangan Tajam

Tan Tui juga berguna untuk melumpuhkan lawan dengan tendangan tajam. Untuk melakukannya, Anda harus berdiri tegak dengan tangan kanan lurus di depan dada dengan pergelangan tangan dan jari menghadap ke arah langit.

Sedangkan tangan kiri ada di pinggang dengan posisi mengepal, posisi siku ada di kiri rapat dengan badan. Posisi pergelangan tangan kiri juga menghadap ke langit. Setelah itu lakukan satu tendangan kaki kanan ke arah kaki bagian bawah.

Jurus Dasar Wushu

Selain teknik dasar, wushu juga memiliki jurus dasar internasional (Wu Shu Jing Sai Tao Lu) yang digunakan para atlet yakni sebagai berikut.

  • Tinju utara (Chang Quan/Long fist).
  • Tinju selatan (Nan Quan/Southhem fist).
  • Lurus golok (Dao Su/Broadsword Play).
  • Jurus Pedang (Uian Su/Sword Play).
  • Jurus Toya (Gun Su/Staff Play).
  • Jurus Tombak (Qiang Su/Spear Play).
  • Lurus Tai Chi (Tai Chi Quan/Shadow Boxing).

Itulah informasi terkait teknik dasar wushu. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.