Bikin Bangga! Tim Renang Indonesia Sabet 4 Medali Emas di Malaysia
Atlet renang Indonesia, Fadlan Prawira (tengah) mendapat medali emas di Malaysia. (FOTO/PRSI)

Bagikan:

PUTRA JAYA – Tim Renang Perairan Terbuka Indonesia sukses mendapat empat medali emas pada ajang 1st SEA Open Water Swimming Championship yang berlangsung dari 2 sampai 4 Februari kemarin di Putra Jaya, Malaysia.

Peraih empat medali emas itu adalah Fadlan Prawira, Adinda Larasati Dewi, Izzy Dwifaiva Hefrisyanthi, dan tim mixed relay.

Emas pertama buat tim Merah Putih dipersembahkan Aflah Fadlan Prawira di nomor 5 kilometer putra. Fadlan finish pertama dengan catatan waktu 55 menit 21,4 detik mengalahkan perenang Thailand Nattapon Intaratchaiku (56,21.4 detik) di posisi kedua.

"Cukup bagus yang diraih Fadlan. Selain Fadlan juga ada beberapa perenang lainnya yang meraih bagus dan pada kategori usia muda. Mereka dipersiapkan menuju SEA Games 2025," kata Chef de Mission (CdM) Indonesia, Liza Januar, dalam keterangan pers yang diterima.

Kemudian perenang putri Adinda Larasati Dewi meraih medali emas di nomor 5 kilometer putri. Ia sukses menempati podium tertinggi setelah finis dengan catatan 1 jam 1 menit 13.7 detik.

Di nomor ini, Indonesia juga mendapat perunggu melalui Kathriana Mella Gustianjani dengan catatan 1 jam 05,21.6 detik. Sementara itu, peringkat kedua adalah perenang Singapura Candice Ruo Han Ang dengan waktu 1 jam 05,02.0 detik.

Emas ketiga buat Indonesia didapat dari nomor 5 kilometer kelompok usia 18-19 tahun. Di nomor ini Izzy Dwifaiva keluar menjadi yang terbaik dengan catatan 1 jam 02,11.8 detik.

Dia mengalahkan lawan-lawannya, termasuk kompatriotnya Aisha Jenar Laksitadevi yang naik podium ketiga.

Medali emas keempat disumbangkan tim beregu Indonesia pada nomor mixed relay dengan catatan 1 jam 13 menit 00,8 detik. Tim Indonesia terdiri dari Mochamad Dimas Permana Taufik, Adinda Larasati Dewi, Izzy Dwifaiva Hefrisyanthi, dan Aflah Fadlan Prawira.

Sebelumnya di hari kedua, Virgin Silvia Natan meraih medali perunggu pada nomor 10 kilometer putri dengan catatan 2 jam 17,17.4 detik.

Pada ajang ini, tim Indonesia dipimpin Chief de Mission Liza Januar dan berkekuatan 12 atlet, 5 pelatih dan 2 official di Malaysia.

Pada atlet yang ambil bagian adalah Fadlan Prawira, Timotius Mulyadi, Dimas Rashya Hakim, Mochamad Dimas Permana Taufik, Richie Augusta Wibowo, Naurah Chalisa Adeputri, Virgin Silvia Natan, Adinda Larasati Dewi, Kathriana Mella Fustianjani, Izzy Dwifaiva Hefrisyanti, Aisha Jenar Laksitadevi, dan Dea Salsabila Putri.