Daftar Klub Sepak Bola Terkaya di Dunia, Liga Inggris Mendominasi
Ilustrasi klub sepak bola terkaya di dunia. (Foto: Twitter/@ManUtd)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Berbicara mengenai sepak bola maka tidak hanya berkaitan dengan olahraga. Namun sepak bola juga berhubungan dengan bisnis. Banyak uang yang masuk dan keluar di setiap klub bola. Lantas manakah klub sepak bola terkaya di dunia?

Kekayaan setiap klub bola pastinya berbeda-beda tergantung dari popularitas, pencapaian, manajemen, dan lainnya. Adanya berbagai brand yang menjadi sponsor juga mempengaruhi kekayaan suatu klub bola. 

Sampai saat ini klub-klub bola terkaya di dunia masih didominasi oleh klub dari Eropa. Daftar klub sepak bola terkaya juga sudah sangat familiar di telinga para penggemar kulit bundar. Berikut klub bola terkaya di dunia. 

Klub Sepak Bola Terkaya di Dunia

1. Real Madrid: $ 5,1 miliar

2. Barcelona: $ 5,1 miliar

3. Manchester United: $ 4,6 miliar

4. Liverpool: $ 4,45 miliar

5. Bayern Munich: $ 4,275 miliar

6. Manchester City: $ 4,25 miliar

7. Paris Saint-Germain: $ 3,2 miliar

8. Chelsea: $ 3,1 miliar

9. Juventus: $ 2,45 miliar

10. Tottenham Hotspur: $ 2,35 miliar

11. Arsenal: $ 2,05 miliar

12. Borussia Dortmund: $ 1,5 miliar

13. Atletico Madrid: $ 1,5 miliar

14. AC Milan: $ 1,2 miliar

15. Inter Milan: $ 1 miliar

16. Everton: $ 940 juta

17. Leicester City: $ 925 juta

18. West Ham United: $ 900 juta

19. Leeds United: $ 800 juta

20. Aston Villa: $ 750 juta

Darimana Pendapatan Klub Sepak Bola?

Klub sepakbola memperoleh uang atau penghasilan dari beberapa sumber pendapatan. Umumnya ada enam pos penghasilan setiap klub bola. Berikut cara klub sepak bola memperoleh uang masuk. 

Tiket Stadion

Salah satu sumber pendapatan klub sepak bola yang sudah dikenal sejak zaman dulu adalah tiket stadion. Klub bola bisa meraup cuan dari tiket yang terjual. Apalagi jika klub tersebut memiliki banyak penggemar maka hasil penjualan tiketnya pun semakin tinggi. 

Besaran pendapatan yang diperoleh dari tiket akan bergantung dari harga tiket da nominal tiket terjual. Jumlah tiket terjual biasanya ditentukan dari kapasitas stadion dan minat penonton. Misalnya Manchester United memiliki stadion terbesar di Liga Inggris dengan kapasitas penonton 74,994 kursi. Pada musim 2018-2019, MU bisa mengantongi pemasukan dari penjualan tiket mencapai 110,8 juta atau kisaran Rp2 triliun. 

Sementara tiket termahal di liga Inggris dijual oleh Arsenal. Harga tiket masuk pertandingan yaitu 95,5 pounds per orang atau setara dengan kisaran Rp1,8 juta. 

Hak Siar

Sumber penghasilan kedua klub sepak bola berasal dari hak siar. Bahkan hak siar menjadi pendapatan paling besar yang diterima oleh klub bola. Hak siar terbesar didapatkan oleh klub-klub dari Liga Inggris. Menurut Deloitte Football Money, porsi pemasukan dari hak siar bisa mencapai 50 persen dari total penghasilan klub di Eropa dalam satu musim.

Besaran uang dari hak siar sangat bergantung pada jumlah pertandingan yang disiarkan. Contohnya Liverpool yang menjadi klub Inggris dengan pemasukan hak siar terbanyak pada musim 2018-2019. 

Hadiah Uang

Klub sepak bola juga memperoleh penghasilan dari hadiah uang dalam setiap kompetisi. Uang atau prize money akan diberikan pada klub yang berhasil menang atau imbang. Ada juga pemberian uang tampil di luar kemenangan dan hasil imbang. Hal ini diberlakukan oleh UEFA di Liga Champion. Jadi menang ataupun kalah, klub yang bermain tetap mendapat uang. 

Penghasilan lebih akan didapatkan oleh klub yang berhasil menjadi juara kompetisi, mulai dari Liga Champion, Liga Europa, liga di masing-masing negara, dan lainnya. Misalnya liga Champions, memberikan hadiah uang 15 juta Euro atau Rp261 juta miliar. Semenara posisi runners-up mendapat dana 10,5 juta Euro atau Rp182 miliar.

Merchandise

Pendapatan lain klub bola adalah berasal dari merchandise. Namun pemasukan dari pos ini tidaklah besar jika dibanding dari sumber penghasilan lainnya. Klub yang mendapat pemasukan terbesar dari merchandise adalah Barcelona. 

Barcelona mencoba beradaptasi dengan mengurangi ketergantungan pada hak siar. Pihaknya fokus meningkatkan bisnis dari hal komersial, seperti merchandise dan aktivitas lisensi kreatif.  Pada musim lalu, klub besar Spanyol ini sukses meraih pendapatan 385 juta Euro atau Rp6,6 triliun. 

Sponsor

Salah satu pemasukan yang cukup menjanjikan bagi klub bola adalah sponsor. Besaran pemasukan dari sponsor sangat bergantung pada popularitas nama klub bola. Semakin kerap mendapat juara atau prestasi, maka ada banyak sponsor yang masuk dengan iming-iming pendapatan besar. 

Sponsor yang masuk ke klub bola bisa datang dari berbagai jenis brand atau bisnis. Mulai dari brand peralatan olahraga, brand mobil, produk kesehatan, produk perawatan kulit, dan lainnya. 

Transfer Pemain

Klub sepak bola juga mendapat pemasukan dari aktivitas transfer pemain. Misalnya ketika sebuah klub bisa menjual pemain dengan harga fantastis, maka keuntungannya bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya. 

Misalnya sebuah klub membeli pemain muda dengan harga yang murah. Kemudian seiring berjalannya waktu, pemain tersebut semakin bersinar dan harga jualnya meningkat drastis. Bisa juga sebuah klub merekrut pemain secara gratis. Kemudian pemain tersebut memiliki pencapaian yang bagus sehingga harga jualnya mahal. 

Demikianlah ulasan mengenai klub sepak bola terkaya di dunia. Real Madrid menduduki peringkat teratas sebagai klub paling tajir. Posisi kedua dan seterusnya didominasi oleh klub dari liga Inggris. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.