Shin Tae-yong Kesal Timnas Indonesia Hanya Menang 2-1 atas Filipina, Penyelesaian Akhir Kembali Jadi Bahan Evaluasi
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Foto via Antara/Michael Siahaan)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia melangkah ke babak semifinal Piala AFF 2022 setelah menang 2-1 atas Filipina di di Stadion Rizal Memorial, Manila, Senin, 2 Januari malam. Meski demikian, kemenangan ini tak membuat sang pelatih, Shin Tae-yong senang.

Dia justru kesal karena anak asuhnya hanya menang 2-1 atas tuan rumah. "Saya sangat tidak puas dengan pertandingan itu dan sangat tidak senang," ujar Shin dalam konferensi pers usai pertandingan.

Lagi-lagi masalah finishing menjadi kekurangan Skuad Garuda. Pelatih asal Korea Selatan tersebut dibuat kesal karena anak-anak asuhnya tidak dapat menciptakan gol tambahan dari banyaknya peluang.

Apalagi dengan kegagalan mencetak banyak gol membuat membuat Indonesia gagal mewujudkan target menjadi juara Grup A.

Pada laga kontra Filipina, berdasarkan statistik resmi Piala AFF 2022, Indonesia membuat total 16 tendangan, dengan tujuh di antaranya tepat sasaran dan sembilan melenceng. Catatan tersebut jauh lebih baik daripada lawannya yang membuat delapan tembakan, di mana cuma empat yang menuju target.

"Mulai dari pertandingan pertama melawan Kamboja, saya menegaskan kepada pemain agar mencetak gol ketika mendapatkan peluang. Hari ini ternyata sama, kami tidak bisa memanfaatkan peluang dengan baik padahal performa terus meningkat. Saya kecewa dan ini harus dievaluasi," tutur Shin.

Dengan kemenangan 2-1 ini, Timnas Indonesia harus puas lolos dengan status runner up lantaran kalah selisih gol dari Thailand, meski sama-sama berpoin 10. Pasalnya pada saat yang sama, Thailand mengalahkan Kamboja dengan skor 3-1.

Di fase empat besar, Indonesia akan berjumpa dengan juara Grup B. Di leg pertama, Indonesia akan menjadi tuan rumah pada 6 Januari 2023. Sementara leg kedua akan berlangsung di kandang lawan, 9 Januari 2023.