Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia bermain imbang melawan Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis, 29 Desember. Berikut ini klasemen sementara Grup A Piala AFF 2022.

Skuad Garuda sebenarnya memiliki banyak peluang emas untuk membawa pulang tiga angka. Sayang, pasukan Shin Tae-yong cuma menutup pertandingan dengan skor sama kuat 1-1.

Setelah menyia-nyiakan tiga kesempatan emas pada babak pertama, Indonesia unggul lima menit setelah turun minum melalui penalti yang dieksuksi Marc Klok.

Penalti itu diberikan wasit setelah Theerathon Bunmathan menyentuh bola di kotak terlarang. Thailand juga harus bermain dengan sepuluh pemain setelah itu karena wasit mengusir Sanrawat Dechmitr yang melanggar keras Saddil Ramdani.

Meskipun unggulan jumlah pemain, Garuda tetap keteteran menghadapi permainan Thailand. Asnawi Mangkualam lantas membuat blunder yang berujung gol Sarach Yooyen untuk mengidentikan skor.

Hasil ini membuat Indonesia harus puas tetap bertahan di posisi kedua klasemen sementara grup dengan koleksi tujuh poin. Sementara itu, Thailand masih di posisi wahid dengan poin sama, tapi unggul selisih gol.

Menempati tempat kedua jelas menjadi kerugian besar bagi Indonesia. Pasalnya, jika saja lolos ke semifinal sebagai runner up, Skuad Garuda akan berhadapan dengan juara Grup B.

Sejauh ini Grup B masih dikuasai oleh Vietnam yang merupakan salah satu favorit juara. Oleh karena itu, Indonesia punya tugas berat di laga terakhir melawan tuan Filipina pada 2 Januari nanti.

Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan harus memenangi laga itu sambil berharap Thailand kalah atau cuma mendapat hasil seri melawan Kamboja. Atau setidaknya tim Shin Tae-yong perlu menang besar dan menjaga clean sheet untuk naik ke posisi teratas dengan keunggulan selisih gol.

Klasemen sementara Piala AFF 2022:

Grup A

  1. Thailand 7 poin
  2. Indonesia 7 poin
  3. Kamboja 6 poin
  4. Filipina 3 poin
  5. Brunei 0 poin

Grup B

  1. Vietnam 6 poin
  2. Malaysia 6 poin
  3. Singapura 6 poin
  4. Myanmar 0 poin
  5. Laos 0 poin