Antonio Conte Kesal Premier League Jadi Liga Top Pertama di Eropa yang Bergulir Setelah Piala Dunia 2022
Manajer Tottenham Hotspur, Antonio Conte. (Foto : Twitter.com/@SpursOfficial)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah jeda Piala Dunia 2022, kompetisi Eropa kembali bergulir dan yang paling cepat adalah Premier League Inggris. Jadwal yang dianggap terlalu mepet ini membuat manajer Tottenham Hotspur, Antonio Conte kesal.

Selama Piala Dunia 2022 digelar di Qatar hampir semua liga-liga Eropa ikut berhenti selama sebulan. Mayoritas kompetisi diliburkan dua pekan sebelum kick-off.

Namun setelah jeda serempak, momen lanjutan liga-liga eropa kembali dimulai dengan jadwal berbeda. Premier League Inggris menjadi kompetisi yang paling cepat, karena kembali bergulir pada Senin, 26 Desember yang bertepatan dengan Tradisi Boxing Day.

Laga tersebut tidak mungkin dihilangkan dari kalender kompetisi. Setelah Boxing Day, ada lagi dua laga di awal tahun, sebelum masuk ke babak ketiga Piala FA dan jeda sepekan lagi.

Jadwal padat setelah sebulan lebih bertarung di Piala Dunia tentu akan memberatkan sejumlah pemain.

Hal inilah yang membuat Conte frustasi. Ia heran mengapa Premier League terlalu terburu-buru memulai kompetisinya.

Padahal Ligue 1 baru mulai pada 28 Desember, yang diikuti La Liga Spanyol sehari setelahnya. Sedangkan Serie A Italia baru mulai pada 4 Januari dan Bundesliga Jerman menjadi yang paling akhir, yakni pada 21 Januari.

"Ini aneh sekali dan jujur saya tidak suka kami bermain lagi secepat ini - hanya sepekan setelah Piala Dunia," ujar Antonio Conte dikutip dari Daily Mail pada Senin, 26 Desember.

Dengan jadwal yang ada, Conte juga dibuat khawatir karena banyak pemain Tottenham Hotspur yang dipanggil ke Piala Dunia, termasuk Ivan Perisic dan Hugo Lloris yang bermain hingga semifinal. Bahkan Richarlison mesti pulang dengan cedera dan harus absen empat pekan.

"Di satu sisi, Anda senang karena Tottenham selaku klub saya memiliki 12 pemain di Piala Dunia. Itu artinya kami berada di jalur yang tepat untuk jadi tim kompetitif dan meraih trofi di masa depan."

"Tapi wajar saja ketika Anda punya banyak pemain yang tampil di turnamen seperti ini, khususnya di tengah musim, maka tidak mudah karena para pemain pasti tidak dalam kondisi terbaik,” tegasnya.

Tottenham sendiri menjadi tim yang dapat jadwal tampil di hari pertama bergulirnya kembali Liga Inggris 2022/2023. The Lilywhites mesti bertandang ke markas Brentford pada Senin malam pukul 19.30 WIB untuk melakoni pekan ke-17.