Bagikan:

JAKARTA — Sergio Busquets resmi mengumumkan pensiun dari tim nasional Spanyol setelah negaranya tersingkir dari babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar.

Pemain berusia 34 tahun tersebut menyatakan pengunduran dirinya dari La Furia Roja melalui media sosial Instagram pada Jumat, 16 Desember malam WIB.

"Saya ingin mengumumkan bahwa setelah hampir 15 tahun dan 143 pertandingan, telah tiba waktunya untuk mengucapkan selamat tinggal kepada tim nasional," tulis dia.

Busquets memutuskan pensiun setelah 13 tahun menjalani pertandingan internasional sejak debutnya 2009 silam. Ia adalah satu-satu pemain juara Piala Dunia 2010 yang dipanggil ke Piala Dunia 2022.

Pemain Barcelona tersebut total membuat 143 caps atau terbanyak ketiga dalam sejarah Spanyol. Ia berada di belakang Sergio Ramos (180 penampilan) dan Iker Casillas (167 penampilan).

Dia hanya mencetak dua gol selama periode tersebut. Namun, ia merupakan bagian integral dari lini tengah Spanyol selama lebih dari satu dekade.

Selain mengangkat trofi Piala Dunia di Afrika, Busquets juga ada di skuat yang menjuarai Euro 2012. Ia adalah bagian dari tim ikonik Spanyol yang mendominasi sepak bola selama empat tahun.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah menemani saya dalam perjalanan panjang ini," demikian bunyi pernyataan lanjutnya.

"Untuk rekan satu tim saya, dengan siapa saya telah berjuang untuk mencoba membawa tim ke tempat yang pantas, dengan lebih atau kurang sukses, tetapi selalu memberikan segalanya dan dengan kebanggaan terbesar," tambah dia.

Busquets adalah salah satu dari tiga pemain Spanyol yang gagal mengeksekusi penalti dalam adu penalti babak 16 besar Piala Dunia Qatar melawan Maroko setelah mereka ditahan imbang tanpa gol selama 120 menit.