Timnas Argentina ke Final Piala Dunia 2022, Lionel Messi: Kalah dari Arab Saudi Merupakan Pukulan Keras Bagi Kami
Pemain Timnas Argentina, Lionel Messi. (Foto: Twitter @Argentina)

Bagikan:

JAKARTA - Lionel Messi memuji habis-habisan para pemain timnas Argentina setelah melangkah ke final Piala Dunia 2022. Dia menyebut, mental penggawa Albiceleste sungguh luar biasa.

Argentina ke final setelah mengalahkan Kroasia di fase empat besar dengan skor 3-0, Rabu, 14 Desember 2022. Padahal, mereka sempat diragukan setelah kalah dari Arab Saudi di laga perdana penyisihan grup.

Messi mengatakan bahwa para pemain Argentina menyalurkan kekecewaan mereka atas kekalahan tersebut menjadi sebuah motivasi untuk menyelamatkan nasib mereka di turnamen ini.

"Menurut saya, pertandingan pertama merupakan pukulan keras bagi kami semua karena kami tidak terkalahkan dalam 36 pertandingan. Memulainya seperti itu merupakan pukulan keras," kata Messi dalam konferensi pers seusai pertandingan lawan Kroasia.

“Kami tidak berpikir kami akan kalah dari Saudi. Itu adalah ujian yang sulit, tetapi kami telah menunjukkan betapa kuatnya kami. Sangat sulit apa yang kami lakukan, karena setiap pertandingan adalah final dan ini membawa beban mental. Kami sadar jika kami tidak menang, segalanya akan menjadi lebih rumit."

"Kami telah memainkan lima final dan, untungnya, mampu memenangkannya. Saya harap ini akan sama untuk final. Secara internal kami yakin kami akan berhasil karena kami tahu apa yang mampu kami lakukan," lanjutnya, seperti dikutip dari Live Score, Rabu, 14 Desember.

Menurut Messi, kekalahan dari Arab Saudi itu telah membantu Albiceleste menjadi lebih kuat dan berkembang di Piala Dunia 2022. Dia pun menyebut, timnya semakin solid secara internal sebagai skuad.

Terkait kemenangan atas Kroasia, Messi merasa kecerdasan dan kemauan Albiceleste untuk "menderita" adalah kunci.

"Saya akan mengatakan skuat ini, di luar kekuatan kolektif, sangat cerdas dan bijaksana, kami tahu cara membaca permainan dan setiap momen," kata Messi.

"Itu adalah sesuatu yang dikatakan pelatih sebelumnya, ini adalah skuad yang sangat cerdas. Kami tahu kapan harus menderita, kapan harus menekan. Kami tahu cara membaca pertandingan, kami tahu apa yang harus dilakukan setiap saat, bagaimana cara menang," ujar Messi lagi.

Messi sekarang telah mencatat delapan keterlibatan gol (lima gol, tiga assist) di Qatar. Eks pemain Barcelona itu mengungguli Kylian Mbappe (lima gol, dua assist) sebelum pertemuan semifinal Prancis dengan Maroko.

Pemain yang dijuluki Messiah itu mengaku menikmati setiap menit yang ada di Piala Dunia 2022.

"Yah, yang bisa saya katakan adalah saya sangat menikmati ini, saya merasa sangat baik, saya merasa cukup kuat untuk menghadapi setiap pertandingan," tutur Messi.

"Secara pribadi, saya dapat mengatakan bahwa saya merasa sangat bahagia di seluruh Piala Dunia ini, saya sangat menikmatinya, dan untungnya saya dapat membantu seluruh skuat untuk mewujudkannya," pungkasnya.