Piala Dunia 2022: Pulangkan Inggris, Prancis Tantang Maroko di Semifinal
Olivier Giroud menentukan kemenangan Prancis atas Inggris di perempat final Piala Dunia 2022 (Twitter @fifaworldcup)

Bagikan:

JAKARTA - Prancis sukses mengalahkan Inggris 2-1 dalam laga perempat final yang berlangsung di Al Bayt Stadium, di kota Al Khor, Sabtu, 10 Desember malam waktu setempat.

Dua gol Les Bleus dicetak oleh gelandang Real Madrid Aurelien Tchouameni dan striker AC Milan Olivier Giroud. Sementara The Three Lions hanya membalas sekali melalui penalti penyerang Tottenham Hotspur, Harry Kane.

Baik Inggris maupun Prancis tidak melakukan perubahan susunan pemain  dalam laga ini. Prancis masih mengandalkan Hugo Lloris sebagai kapten dan penjaga gawang yang pada kesempatan ini menyalip Lilian Thuram dalam torehan penampilan bersama skuad Les Blues.

Sementara itu, Kylian Mbappe, yang merupakan pencetak gol terbanyak turnamen dengan lima gol, memulai di sisi kiri serangan Prancis melawan Kyle Walker, yang bermain sebagai bek kanan untuk Inggris.

Gareth Southgate, pelatih Inggris, menahan godaan untuk beralih ke lima bek demi menghentikan Mbappe dan memainkan tim yang sama dengan yang mencatatkan kemenangan 3-0 atas Senegal di babak 16 besar.

Ini adalah pertemuan pertama kedua negara dalam pertandingan sistem gugur turnamen besar, di mana pertemuan kompetitif terakhir mereka terjadi di babak penyisihan grup Euro 2012.

The Three Lions mengambil inisiatif serangan sejak menit awal pertandingan. Sementara Prancis lebih banyak menunggu dan melakukan serangan balik untuk mencuri kesempatan.

Setelah Giroud menerima umpan silang Ousmane Dembele dengan sundulan dan digagalkan Jordan Pickford pada menit 10, Tchouameni menghukum kiper Everton itu tujuh menit berselang.

Menerima umpan Antoine Griezmann dari luar kotak penalti, sang gelandang meluncurkan tendangan keras kaki kanan yang tanpa ampun bersarang di gawang Pickford. Prancis memimpin 1-0.

Kane coba membalas. Tapi tendangan kaki kanan striker Tottenham Hotspur dari sudut sempit pada menit 21 berhasil diamankan Lloris. Babak pertama ditutup dengan keunggulan Tim Ayam Jantan.

Di babak kedua pada menit 54, Kane benar-benar menyamakan kedudukan melalui titik putih usai Bukayo Saka dijatuhkan lawan di kotak terlarang. Tapi, Prancis kembali unggul. Kali ini lewat Giroud melalui sundulan pada menit 78. Les Bleus kembali memimpin 2-1.

Three Lions sesungguhnya berpeluang menyamakan kedudukan dan membawa pertandingan ke babak extra time melalui Kane, tapi penalti keduanya enam menit sebelum waktu normal usai melambung di atas gawang Lloris. Skor 2-1 bertahan hingga laga usai.

Dengan kemenangan ini, Prancis akan menghadapi Maroko di semifinal yang mengalahkan Portugal dengan skor tipis 1-0.

Susunan pemain 

Inggris (4-3-3)

Jordan Pickford (kiper); Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire, Luke Shaw; Jordan Henderson, Declan Rice, Jude Bellingham; Bukayo Saka, Harry Kane (kapten), Phil Foden.

Pelatih: Gareth Southgate 

Prancis (4-3-3)

Hugo Lloris (kiper/kapten); Jules Kounde, Raphael Varane, Dayot Upamecano, Theo Hernandez; Antoine Griezmann, Aurelien Tchouameni, Adrien Rabiot; Ousmane Dembele, Olivier Giroud, Kylian Mbappe.

Pelatih: Didier Deschamps.