Piala AFF 2022: Timnas Indonesia Berkandang di Stadion Patriot, Brunei Pilih Mengungsi ke Malaysia
Stadion Patriot Bekasi jadi kandang Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022. (Foto: Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - PSSI akhirnya menentukan Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, sebagai kandang di Piala AFF 2022. Hal ini disampaikan Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Endri Erawan.

Dia mengatakan, kondisi Patriot lebih siap jika dibandingkan stadion lain. "Jadi pertandingan melawan Thailand dan Kamboja berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga," kata Endri, seperti dilansir dari Antara, Sabtu, 19 November.

Stadion Patriot Candrabhaga merupakan arena yang kerap digunakan untuk pertandingan maupun turnamen sepak bola internasional. Terakhir, stadion berkapasitas maksimal 30 ribu penonton itu menjadi tempat digelarnya turnamen Piala AFF U-19 2022.

Nama baik Patriot Candrabhaga membuat Endri Erawan yakin pihak Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) tidak akan berpikir panjang untuk memberikan izin pelaksanaan Piala AFF 2022 di sana.

"Mereka (AFF-red) sudah beberapa kali pasti sudah mengetahuinya (kondisi Patriot-red)," tutur Endri.

Sementara itu, Brunei Darussalam memilih Stadion Kuala Lumpur FA (KLFA) atau Stadion Kuala Lumpur, Malaysia, sebagai kandang di Piala AFF 2022.

Stadion berkapasitas maksimal sekitar 18 ribu penonton yang berada di Cheras, Kuala Lumpur, tersebut dipilih karena sudah memenuhi standar yang ditetapkan AFF.

Timnas Brunei Darussalam tidak bisa menggunakan Stadion Nasional Hassanal Bolkiah di Bandar Seri Begawan lantaran tengah direnovasi.

Tak seperti edisi sebelumnya yang dilaksanakan terpusat lantaran pandemi COVID-19, Piala AFF terbaru akan kembali ke format seperti tahun 2018 yaitu kandang dan tandang.

Semua tim dalam grup akan saling berhadapan dengan setiap tim akan dua kali bertanding kandang dan dua kali berlaga tandang. Nantinya, dua tim terbaik dari setiap grup berhak melaju ke semifinal.

Piala AFF 2022 akan digelar pada 20 Desember 2022 - 16 Januari 2023. Pada turnamen itu, tim nasional Indonesia berada dalam Grup A bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam.