Atlet Terkaya di Dunia 2022: Wow, Messi Masih di Pucuk!
Atlet Terkaya di Dunia (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sepuluh atlet terkaya di dunia dengan bayaran yang spektakuler secara kolektif menghasilkan $992 juta USD dalam pendapatan kotor sebelum pajak selama 12 bulan terakhir, jumlah tertinggi ketiga yang pernah ada.

Secara kolektif, sepuluh atlet dengan bayaran tertinggi di dunia meraup $992 juta USD selama 12 bulan terakhir, menurut perkiraan Forbes. Itu merupakan penurunan 6% dari tahun 2021, tetapi penurunan tersebut terkait langsung dengan total $ 180 juta McGregor yang sangat besar tahun lalu, setelah ia mengantongi sekitar $ 150 juta dari penjualan merek wiski Irlandia-nya, Proper No. Twelve. (McGregor jatuh dari sepuluh besar tetapi muncul di No. 35 di peringkat 2022 penuh, dengan $ 43 juta.)

Total kolektif tahun ini adalah yang tertinggi ketiga, di belakang $ 1,05 miliar pada tahun 2021 dan total $ 1,06 miliar pada tahun 2018, ketika McGregor mencondongkan hasilnya sekali lagi dengan superfight melawan Floyd Mayweather. Dan dalam satu tanda yang jelas bahwa bintang-bintang top olahraga melakukan lebih baik dari sebelumnya, batas untuk masuk sepuluh besar tahun ini adalah $80,9 juta, diposting oleh Giannis Antetokounmpo dari Milwaukee Bucks. Itu melonjak 8% dari $75 juta pada tahun 2021—dan peningkatan 24% dari $65,4 juta pada tahun 2019, tertinggi sebelumnya.

Di luar lapangan, sepuluh atlet teratas memperoleh sekitar $500 juta dari endorsement, penampilan, memorabilia dan biaya lisensi, serta pengembalian uang tunai dari bisnis yang mereka operasikan dan saham ekuitas yang mereka jual. Itu hampir datar dari rekor tahun lalu $512 juta.

Penambahan platform cryptocurrency dan NFT ke persamaan pemasaran olahraga membantu mengimbangi hilangnya gaji besar McGregor dari tahun lalu. Pada bulan Maret, Messi menandatangani kesepakatan senilai $ 20 juta per tahun dengan Socios, aplikasi "keterlibatan penggemar" yang dibangun di atas teknologi blockchain. Turun ke sepuluh besar, Stephen Curry dari Golden State Warriors dan Tom Brady dari Tampa Bay Buccaneers telah bermitra dengan pertukaran crypto FTX sementara James dan Kevin Durant dari Brooklyn Nets telah menyelaraskan diri mereka dengan pesaing Crypto.com dan Coinbase, masing-masing.

Atlet Terkaya di Dunia

LIONEL MESSI

Kemitraan Lionel Messi senilai $20 juta per tahun dengan Socios menambah portofolio dukungan yang mencakup Adidas, Budweiser, dan PepsiCo. Dia juga menjadi duta merek atlet pertama Hard Rock International dalam kesepakatan yang diumumkan Juni lalu, membantu Messi menyamakan kedudukan dengan Cristiano Ronaldo dari Manchester United dengan penghasilannya di luar lapangan untuk pertama kalinya sejak 2013. 

Messi memenangkan Ballon d'Or pada 2021 sebagai pemain sepak bola pria terbaik dunia, tetapi dia memiliki waktu yang lebih sulit di lapangan baru-baru ini, hanya mencetak sembilan gol dalam 32 penampilan untuk Paris Saint-Germain setelah mencetak 38 dalam 47 pertandingan di musim terakhirnya untuk Barcelona. Tapi sementara PSG meledak di babak 16 besar Liga Champions, klub merebut gelar Ligue 1 Prancis di musim pertama Messi.

LEBRON JAMES

Los Angeles Lakers dari LeBron James melewatkan babak playoff musim ini, tetapi dia tidak pernah begitu dominan di luar lapangan. Dia membintangi Space Jam: A New Legacy tahun lalu dan baru-baru ini memindahkan acara bincang-bincangnya, The Shop, dari HBO ke YouTube. Pada bulan Oktober, ia menjual saham minoritas yang signifikan di SpringHill—perusahaan produksi di balik kedua proyek tersebut—dengan valuasi sekitar $725 juta, mendorong kekayaan bersihnya menjadi $850 juta, menurut perkiraan Forbes. 

Setelah mengumumkan kesepakatan dukungan dengan Crypto.com pada bulan Januari, James muncul dalam iklan Super Bowl di sebelah versi komputer dari dirinya yang lebih muda. Dia juga baru-baru ini berinvestasi di perusahaan home gym Tonal and StatusPRO, sebuah startup teknologi olahraga yang menciptakan produk pelatihan realitas virtual.

CRISTIANO RONALDO

Seperti rivalnya Lionel Messi, Cristiano Ronaldo menjalani musim pertama yang mengecewakan dengan tim barunya, dengan Manchester United terjebak di posisi keenam di klasemen Liga Premier dengan satu pertandingan tersisa. Desas-desus sekarang beredar bahwa Ronaldo, yang sebelumnya bermain untuk Man U dari 2003 hingga 2009, bisa pindah sekali lagi di jendela transfer musim panas ini. 

Sebagian besar kekuatan penghasilan Ronaldo berasal dari kehadiran media sosialnya yang besar: Dia memiliki 690 juta pengikut di Instagram, Facebook, dan Twitter, memberinya pengaruh untuk menuntut tarif setinggi langit dari sponsor seperti Nike, Herbalife, dan sampo Clear. Dia juga seorang investor di restoran Tatel—termasuk lokasi baru di Beverly Hills—dan merupakan wajah ZujuGP, aplikasi yang akan datang yang bertujuan untuk menjadi komunitas sepak bola digital.

NEYMAR

Neymar mencetak gol kariernya yang ke-400 pada bulan November, tetapi seperti Lionel Messi, dia dikritik setelah tersingkirnya Paris Saint-Germain di awal Liga Champions. Perhatiannya sekarang akan beralih ke Piala Dunia di Qatar musim gugur ini, yang katanya bisa menjadi yang terakhir. 

Di luar lapangan, ia memiliki serangkaian dukungan yang berharga, termasuk Puma dan Red Bull, dan ia adalah subjek dari dokumenter Netflix baru, Neymar: The Perfect Chaos. Dia juga terjun ke dunia NFT, menandatangani kontrak dengan platform NFTSTAR pada bulan November dan menghabiskan lebih dari $1 juta untuk dua NFT Bored Ape Yacht Club dalam satu hari di bulan Januari.

STEPHEN CURRY

Tidak ada pemain NBA yang mendapat gaji lebih besar musim ini selain Stephen Curry, dan guard Golden State Warriors itu akan mendapat kenaikan gaji setelah menandatangani perpanjangan kontrak empat tahun senilai $215 juta pada Agustus lalu. Dia akan menghasilkan sekitar $48 juta di lapangan musim depan, naik menjadi hanya di bawah $60 juta pada 2025-26. 

Kesepakatan dukungan FTX baru Curry juga datang dengan saham ekuitas, dan dia menyelam lebih dalam ke blockchain pada bulan Desember, merilis koleksi NFT yang menampilkan sepatu ketsnya dan diikat ke tiga platform metaverse. (Dia berjanji untuk menyumbangkan hasilnya.) Sementara itu, perusahaan produksi Curry, Unanimous Media, menandatangani kesepakatan pengembangan dengan Comcast NBCUniversal pada bulan September.

KEVIN DURANT

Bintang Brooklyn Nets Kevin Durant menghasilkan sekitar $28 juta per tahun dari Nike, kesepakatan sepatu kets yang hanya dilampaui oleh LeBron James ($32 juta) di antara pemain aktif. Dia baru-baru ini menambahkan kesepakatan dengan Coinbase, NBA Top Shot dan Weedmaps, tetapi dengan perusahaan media Boardroom dan perusahaan investasi Thirty Five Ventures, kerajaan bisnisnya jauh melampaui dukungan. 

Platform NFT OpenSea dan startup kebugaran digital Future adalah salah satu investasi terbarunya, dan dia mendukung penggabungan SPAC SeatGeek. Durant dan mitra bisnis lamanya, Rich Kleiman, juga mengumumkan tahun lalu bahwa mereka akan meluncurkan SPAC mereka sendiri; itu masih mencari akuisisi.

ROGER FEDERER

Cedera membatasi Roger Federer ke enam turnamen gabungan pada tahun 2020 dan 2021, dan dia belum kembali ke lapangan tenis pada tahun 2022. Tidak masalah—mantan pemain nomor 1 dunia tetap menjadi pitchman top dalam olahraga, mempromosikan merek seperti Uniqlo dan Rolex . 

Dia juga berinvestasi dalam merek sepatu Swiss yang sedang berkembang On pada 2019, dan perusahaan itu go public pada September, mengumpulkan lebih dari $600 juta. “Kami bekerja sangat erat dalam desain produk,” kata Federer kepada Forbes saat itu, setelah menghabiskan 20 hari di lab bersama tim On untuk mengembangkan sepatu tenis pro perusahaan.

CANELO ALVAREZ

Canelo Alvarez adalah top undian tinju, menghasilkan $40 juta atau lebih dari dua kemenangan bayar-per-tayangnya Mei dan November lalu. (Kekalahannya dari juara kelas berat ringan Dmitry Bivol pada 7 Mei 2022, berada di luar jendela pelacakan Forbes untuk daftar ini.) Di luar ring, Alvarez memiliki kemitraan yang menguntungkan dengan Hennessy dan memiliki restoran taco di negara asalnya, Meksiko, dengan rencana untuk memperluas ke California. 

Alvarez mengatakan tahun lalu bahwa dia akan meluncurkan rantai pompa bensin, dan Canelo Promotions-nya menyusun serangkaian pertarungan di Meksiko dalam kemitraan dengan Matchroom Boxing dan DAZN.

TOM BRADY

Pensiun Tom Brady di luar musim ini berlangsung kurang dari enam minggu, yang merupakan kabar baik bagi Tampa Bay Buccaneers setelah ia memasuki musim 2021 yang spektakuler pada usia 43 tahun. Ia tentu saja mempelajari beberapa trik baru di luar lapangan. 

Autograph, platform NFT yang didirikan Brady tahun lalu, mengumpulkan $ 170 juta dalam putaran pendanaan Seri B yang diumumkan pada bulan Januari, dan Religion of Sports, perusahaan produksi yang ia dirikan bersama dengan Pro Football Hall of Famer Michael Strahan dan pembuat film Gotham Chopra, meluncurkan kesepakatan konten dengan Skydance Sports pada bulan Maret. 

Sementara itu, perusahaan produksinya yang lain, 199 Productions, berada di balik film road-trip 80 yang akan datang untuk Brady, dan dia memiliki lini pakaian baru yang diberi nama BRADY. Dan ketika akhirnya tiba saatnya untuk pensiun secara permanen dari sepak bola, Brady sudah memiliki pertunjukan yang menguntungkan berikutnya: peran komentator dengan Fox Sports. Menurut New York Post, kesepakatan itu akan membayarnya lebih dari yang dia dapatkan di lapangan selama 22 musim di NFL— $ 375 juta selama sepuluh tahun.

GIANNIS ANTETOKOUNMPO

Dengan Neymar berusia 30 tahun pada bulan Februari, Giannis Antetokounmpo adalah satu-satunya anggota dari sepuluh besar tahun ini yang masih berusia 20-an. MVP dua kali Milwaukee Bucks menandatangani kontrak lima tahun senilai $228 juta pada Desember 2020, kontrak terbesar NBA berdasarkan nilai total hingga saat ini. 

Dia adalah salah satu investor dalam putaran pendanaan platform jam tangan WatchBox senilai $165 juta yang diumumkan pada bulan November, dan dia juga telah menandatangani kesepakatan lisensi dengan platform NFT NFTSTAR dan menambahkan WhatsApp dan ponsel Pixel 6 Google ke kandang dukungannya. Dan Antetokounmpo akan segera dapat menyaksikan kisah hidupnya dalam film biografi Rise, yang akan dirilis di Disney+ pada bulan Juni.

Jadi setelah mengetahui daftar atlet terkaya di dunia, Simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!