4 Kandidat Ketua Umum PSSI Calon Pengganti Iwan Bule Favorit Netizen, Ada Nama Kaesang dan Mantan Sekjen
Kaesang Pangarep jadi sosok yang dijagokan jadi calon Ketum PSSI berikutnya. (Foto: Instagram/@kaesangp)

Bagikan:

JAKARTA - Pengguna media sosial di Indonesia langsung menjagokan empat nama untuk menjadi Ketua Umum PSSI selanjutnya menggantikan Mochamad Iriawan seiring rencana federasi mempercepat kongres luar biasa (KLB).

PSSI dalam keterangan pers di situs resmi mereka pada Senin, 31 Oktober kemarin, mengonfirmasi telah mengirim surat ke FIFA terkait usulan KLB. Melalui surat itu, federasi pun berharap FIFA dapat memberikan rekomendasi pelaksanaan kongres sebelum tanggal 7 November.

Harapan itu bertujuan agar PSSI dapat melakukan pemberitahuan kongres kepada anggota sekurang-kurangnya 60 hari sebelum pelaksanaan kongres seperti ketentuan statuta PSSI pasal 32 ayat 2.

Agenda nantinya akan dimulai dengan kongres biasa pada tanggal 7 Januari 2023 untuk penetapan Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP). Adapun KLB rencananya akan berlangsung pada 18 Maret 2023.

Dengan agenda yang semakin jelas itu, pembahasan soal calon Ketua Umum PSSI berikutnya mulai panas. Pengguna media sosial Indonesia pun ramai memunculkan jagoan mereka.

Siapa saja sosok yang menjadi favorit para netizen untuk memimpin PSSI berikutnya? Berikut ini daftarnya:

Hary Tanoesoedibjo

Nama usahawan dan politikus ini masuk senarai karena melihat sepak terjangnya di organisasi. Di dunia olahraga, bos MNC Group ini dikenal atas keterlibatannya di futsal, di mana ia menjabat sebagai Ketua Umum Federasi Futsal Indonesia (FFI).

Prestasi futsal timnas Indonesia di bawah arahan sosok yang akrab dikenal dengan inisial HT ini terhitung cemerlang. Di antaranya medali perak SEA Games 2021, mencapai final Piala AFF 2022, dan mendapat tiket ke Piala Asia Futsal 2022.

Kaesang Pangarep

Putra Presiden Joko Widodo ini juga dijagokan menjadi ketua umum baru lantaran keaktifan beliau di sepak bola nasional. Seperti diketahui, Kaesang saat ini merupakan Direktur Utama Persis Solo.

Selain itu, Kaesang juga merupakan orang yang vokal mendesak agar segera digelarnya KLB pasca tragedi Kanjuruhan. Klubnya bersama Persabaya Surabaya adalah dua tim pertama yang berkirim surat ke PSSI untuk meminta KLB.

Erick Thohir

Nama berikutnya yang ikut masuk jagoan untuk menjadi ketua umum PSSI adalah Erick Thohir. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dianggap sudah kenyang pengalaman di olahraga.

Ia pernah menjadi anggota Komite Olimpiade Indonesia (KOI). Ia juga pandai mengurus klub karena tercatat pernah menjadi pemilik saham di Inter Milan. Selain itu, saat ini ia juga menjadi pemilik Oxford United.

Ratu Tisha

Ratu Tisha bukanlah nama baru di sepak bola Indonesia karena ia sebelumnya pernah menjabat sekretaris jenderal induk sepak bola nasional itu. Pengalamannya dianggap sanggup membenahi situasi PSSI yang saat ini runyam.

Pernah berada di pengurusan PSSI membuat banyak orang yakin Tisha sangat mengerti seluk-beluk masalah yang melilit organisasi itu. Dengan banyaknya dukungan ini maka tidak mengheran jika Tisha bisa kembali masuk ke dalam PSSI.