Preview Ajax vs Liverpool: The Reds Cuma Butuh Satu Angka
Ajax Amsterdam menghadapi Liverpool pada lanjutan Liga Champions. (Foto: Twitter/@LFC)

Bagikan:

JAKARTA - Ajax Amstedam dan Liverpool akan bersua pada matchday kelima Grup A di Stadion Johan Cruyff Arena, Kamis, 27 Oktober pukul 02.00 WIB.

Harapan Ajax untuk lolos ke babak gugur Liga Champions Eropa 2022/2023 terbilang tipis. Peluang mereka tetap ada jika mengamankan tiga poin melawan Liverpool.

Tim tamu cuma butuh satu poin memastikan diri mereka maju ke babak sistem gugur dengan satu pertandingan tersisa.

Namun, tim asuhan Jurgen Klopp lebih membutuhkan kemenangan jika mereka ingin bersaing merebut status juara grup dengan Napoli.

"Pada akhirnya semua soal poin. Kami harus yakin kami bisa melakukannya dan memperlihatkan keberanian dan agresi (saat lawan Liverpool). Kami akan melakukan segala cara untuk meraih kemenangan hingga akhir," kata pelatih Ajax Alfred Schreuder dilansir Super Sport.

Saat ini Liverpool telah mengoleksi sembilan poin berkat tiga kemenangan dari empat pertandingan yang telah dimainkan. Satu dari tiga kemenangan itu adalah mengalahkan Ajax di Anfield pada matchday kedua.

Liverpool sebenarnya memulai perjalanan mereka di kompetisi musim ini dengan hasil yang kurang memuaskan. Mereka kalah telak 1-4 ketika menyambangi markas Napoli sebelum memperoleh tiga kemenangan beruntun.

Di sisi lain, Ajax mengalahkan Rangers 4-0 dalam pertandingan pembuka mereka di kompetisi. Hasil yang membuat mereka tampak memiliki peluang bagus untuk mencapai babak sistem gugur musim ini.

Namun, tiga kekalahan beruntun membuat tim asuhan Schreuder terpaut enam poin dari Liverpool dengan dua pertandingan tersisa. Ini berarti mereka harus mengalahkan sang juara 2018/2019 dini hari nanti demi menjaga kans lolos.

Laga melawan Liverpool akan menjadi ujian besar bagi Schreuder karena dia harus membuktikan diri sebagai pengganti yang layak untuk Erik ten Hag. Pasalnya, ia sebelumnya hanya memiliki periode singkat dengan FC Twente, Hoffenheim, dan Club Brugge.

Schreuder sendiri baru membawa Ajax mendapat kemenangan ketiga beruntun di Liga Eredivisie setelah menang 4-1 atas RKC Waalwijk di akhir pekan kemarin. Hasil yang membuat mereka tetap di puncak klasemen sementara.

Sementara itu, Liverpool datang ke pertandingan ini setelah kekalahan mengejutkan 0-1 dari tim promosi Nottingham Forest. Itu adalah kekalahan ketiga yang dialami The Reds dari sebelas laga yang sudah dimainkan di Liga Premier.

Meski demikian, Liga Champions Eropa memiliki cerita yang berbeda dan Liverpool berada di posisi yang bagus untuk lolos. Terlebih mereka cuma membutuhkan hasil imbang untuk melangkah ke babak gugur.

Perkiraan Formasi

Ajax (4-3-3): Pasveer; Sanchez, Kayu, Bassey, Buta; Klaassen, Alvarez, Berghuis; Tadic, Kudus, Bergwijn

Pelatih: Alfred Schreuder

Liverpool (4-2-3-1): Alisson; Alexander-Arnold, Konate, Van Dijk, Robertson; Henderson, Thiago; Elliott, Firmino, Nunez; Salah

Pelatih: Jurgen Klopp