Sempat Pilih Sistem Rotasi, Manchester City Akhirnya Punya Kapten Permanen, Ini Sosoknya
Manchester City punya kapten tim permanen. (Foto: Twitter @ManCity)

Bagikan:

JAKARTA - Manchester City akhirnya punya sosok kapten permanen dalam tim. Lewat pemilihan suara yang dilakukan di antara para pemain, Ilkay Gundogan dipercaya jadi kapten baru di tim.

Sebelumnya posisi kapten The Citizens kosong pasca Fernandinho memutuskan pergi pada musim panas lalu. Keadaan itu membuat manajer tim, Pep Guardiola, memilih untuk merotasi posisi kapten musim ini.

Pemain yang sempat mengenakan ban kapten di antaranya Kevin De Bruyne, Gundogan dan Ruben Dias yang baru dua tahun gabung.

Dikutip dari Sky Sport, mulai musim ini Guardiola ingin City punya kapten permanen yang baru sehingga bisa menjadi perpanjangan tangannya di lapangan. Guardiola lantas memberikan haknya itu kepada para pemain untuk melakukan voting.

Dari hasil pemungutan suara, Erling Haaland dkk memilih Gundogan sebagai sosok yang pas jadi pemimpin. Ia dianggap cocok jadi suksesor Fernandinho dengan De Bruyne sebagai wakilnya.

Mendapat kepercayaan memimpin rekan-rekannya di tim, Gundogan mengaku senang. Sempat jadi wakil kapten, Gundogan punya feeling bahwa posisi kapten akan jatuh padanya atau juga Kevin de Bruyne.

“Saya tentu senang dan bangga dipilih jadi kapten oleh rekan-rekan setim,” katanya dikutip dari Sky Sport.

“Saya memang sudah jadi wakil kapten sejak musim lalu, dan dengan kepergian Fernandinho, saya sempat berpikir bahwa antara saya atau Kevin (De Bruyne) yang bakal jadi kapten musim ini. Dalam beberapa tahun terakhir, memang bukan manajer yang memutuskannya," lanjut pemain asal Jerman itu.

Ia menambahkan lagi, "Saya mungkin paling tahu segalanya. Saya punya banyak pengalaman, baik dan buruk, tidak cuma di sini tapi juga di Jerman. Saya rasa pada akhirnya ini bentuk pengakuan atas karakter saya ketimbang permainan. Saya rasa itu lebih penting dari penampilan di lapangan."

Ditunjuknya Gundogan jadi kapten juga didasari pada loyalitasnya untuk tim. Pemain ini telah enam tahun berseragam Manchester City, catatan itu membuatnya jadi pemain kedua terlama di klub setelah Kevin De Bruyne (2015).