Xavi Nilai Barcelona Pantas Kalah di El Clasico, Beberkan Penyebabnya
Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez. (FOTO/INSTAGRAM @xavi)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez mengakui, timnya pantas kalah dari Real Madrid di laga El Clasico. Dia menyebut, timnya tidak bisa memanfaatkan momen-momen penting yang seharusnya bisa menjadi gol.

Blaugrana menderita kekalahan 1-3 dalam laga pekan kesembilan La Liga Spanyol 2022/2023 di kandang Los Blancos di Stadion Santiago Bernabeu, Minggu malam.

Hasil itu membuat Barca harus rela melepas puncak klasemen ke musuh bebuyutan mereka itu. Anak asuh Xavi turun ke tempat kedua dengan koleksi 22 poin, terpaut tiga angka dari Real di posisi paling atas.

"Kami tidak memanfaatkan momen-momen penting kami dan Madrid melakukannya. Tidak ada yang berjalan baik bagi kami dan kami harus mengubah itu," ujar Xavi dilansir Xinhua.

Madrid membuka keunggulan atas Barca ketika pertandingan baru berjalan 12 menit. Karim Benzema mencatat namanya di papan skor usai memanfaatkan bola muntah hasil tendangan Vinicius Jr.

Federico Valverde kemudian menggandakan keunggulan 23 menit kemudian. Pemain internasional Uruguay itu membobol gawang lawan dengan tendangan keras dari luar kotak penalti usai menerima umpan Ferland Mendy.

Ferran Torres sempat memperkecil kedudukan tujuh menit sebelum waktu normal laga selesai usai memaksimal umpan Robert Lewandowski, tetapi Rodrygo Goes mencetak penalti di injury time untuk memastikan Madrid bisa mendapat tiga poin.

"Kami menghadapi tim yang hebat dan Anda harus tahu apa yang Anda lakukan dan kami tidak dalam kondisi terbaik," ujar pelatih berusia 42 tahun itu.

Ini merupakan kekalahan pertama Barcelona di pentas La Liga dari sembilan laga yang sudah dimainkan. Di delapan laga sebelumnya, tim Catalunya itu menang tujuh kali dan mendapat imbang satu kali.

Adapun kemenangan atas Barca membuat Madrid mempertahankan catatan belum terkalahkan mereka. Rinciannya mereka telah memperoleh delapan kemenangan dan satu hasil imbang.