Bagikan:

JAKARTA - Gelaran Formula 1 Grand Prix (F1 GP) Singapura 2022 memecahkan rekor penonton terbanyak sepanjang sejarah mereka jadi tuan rumah. Dari 13 edisi F1 GP Singapura yang telah digelar, tahun ini menjadi yang tersukses.

Dikutip dari Singapore Tourism Board (STB), sepanjang akhir pekan lalu sejak Latihan Bebas (FP) 1 pada Jumat, 30 September hingga sesi balapan utama pada Minggu, 2 Oktober jumlah penonton mencapai 302 ribu orang.

Angka tersebut merupakan catatan terbanyak sepanjang sejarah digelarnya F1 di Singapura. Jumlah rata-rata penonton harian yang mencapai 100.667 orang di tahun ini juga memecahkan rekor yang pernah tercatat sebelumnya.

Di tahun 2008, rekor penonton terbanyak di F1 Singapura mencapai 300 ribu orang dengan rata-rata pengunjung yang hadir 100 ribu orang per hari.

Catatan itu menjadi kabar baik bagi Singapura yang berusaha membangkitkan lagi sektor pariwisata setelah tertidur selama dua tahun akibat badai pandemi COVID-19.

Karena situasi pandemi itu, balapan malam di F1 Singapura yang jadi daya tarik utama juga tidak bisa tersaji pada 2020 dan 2021.

Pada musim 2021, balapan di Singapura dimenangkan pebalap Red Bull Racing, Sergio Perez. Memulai balapan dari urutan kedua tapi pebalap asal Meksiko itu sukses ini mengasapi pebalap Ferrari, Charles Leclerc hingga garis finis.