Ferry Kono Mundur dari Posisi Sekjen KOI, Ternyata Ini Alasannya
Mantan Sekjen KOI, Ferry Kono. (Foto via Antara/NOC Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Kabar mengejutkan datang dari Komite Olimpiade Indonesia (KOI). Ferry Kono memutuskan mundur dari jabatannya sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen).

Surat pengunduran diri sudah diberikan Ferry Kono sejak Senin, 5 September 2022. Di dalam surat tersebut, dijelaskan alasan pengunduran diri pria asal Gorontalo tersebut.

Ferry Kono memutuskan mundur karena akan fokus pada kegiatan di luar olahraga yang akan menyita banyak waktunya.

Keputusan Ferry ini membuat KOI menunjuk Harry Warganegara ditetapkan sebagai Pelaksana Tugas Sekjen KOI yang sudah dipegang Ferry Kono sejak 2019.

Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari memastikan transisi ini tidak akan mengganggu rencana dan agenda yang sudah terancang termasuk persiapan SEA Games 2023 Kamboja, Asian Games 2023 Hangzhou, hingga kesiapan menjadi tuan rumah ANOC World Beach Games 2023

"Pada rapat Komite Eksekutif NOC Indonesia, Senin, saudara Ferry menyatakan keinginan pengunduran dirinya dan kami juga telah menerima surat resminya. Rapat Komite Eksekutif tersebut memutuskan menerima pengunduran diri dari yang bersangkutan, kata Oktohari dalam rilis pers di Jakarta, yang dilansir Antara, Jumat 9 September.

Berdasarkan Anggaran Dasar Komite Olimpiade Indonesia, tertulis Sekretaris Jenderal, Bendahara, dan Wakil Bendahara diangkat oleh Ketua Umum dengan mendapat persetujuan Komite Eksekutif sebagai karyawan Komite Olimpiade Indonesia.

Dengan pengunduran diri yang disampaikan Ferry, maka Rapat Komite Eksekutif KOI 5 September lalu sekaligus menyepakati Harry Warganegara yang sebelumnya menjabat Wakil Sekretaris Jenderal I untuk mengisi posisi Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal.

Keputusan itu telah resmi ditetapkan melalui Surat Keputusan nomor 21/NOC-INA/KE/2022 tertanggal 5 September 2022 tentang Perubahan Pengurus Komite Olimpiade Indonesia Masa Bakti 2019-2023. Informasi ini juga telah distribusikan ke semua federasi nasional anggota KOI.