Bruno Fernandes Bawa MU Atasi Southampton
Bruno Fernandes/FOTO via Instagram @manchesterunited

Bagikan:

JAKARTA - Bruno Fernandes mengantarkan Manchester United mengatasi Southampton 1-0 lewat gol semata wayang yang dicetaknya dalam laga pekan keempat Liga Premier Inggris di Stadion St. Mary's.

Gol itu dicetak Fernandes pada menit ke-55 memanfaatkan umpan silang Diogo Dalot dan keunggulan itu sukses dipertahankan United untuk naik ke peringkat ketujuh klasemen sementara dengan raihan enam poin.

Sementara itu, Southampton yang gagal menambah koleksi empat poin, harus rela melorot ke urutan ke-13, demikian catatan situs resmi Liga Inggris.

Erik ten Hag untuk dua pertandingan beruntun mencadangkan Cristiano Ronaldo dan kapten Harry Maguire, sedangkan gelandang anyar Setan Merah Casemiro melakoni debutnya sebagai pemain pengganti pada babak kedua.

Southampton lebih dulu mengancam lewat sundulan Adam Armstrong pada menit ke-13, sayang bola masih mengarah tepat ke pelukan kiper David de Gea.

Dilansir ANTARA, Sabtu, 27 Agustus, United seharusnya membuka keunggulan pada menit ke-19, tetapi kiper Gavin Bazunu sukses mementahkan sundulan Fernandes dan sambaran Anthony Elanga atas bola muntah, sedangkan percobaan susulan dari Christian Eriksen tak bisa melewati barisan pertahanan Southampton.

Meski banyak peluang tercipta, babak pertama berlalu tanpa gol tercipta dan United langsung menekan di awal paruh kedua melalui tendangan voli Scott McTominay yang belum cukup untuk menaklukkan Bazunu.

Tim tamu akhirnya membuka keunggulan pada menit ke-55 ketika Fernandes menyambar umpan silang Dalot dengan sepakan voli yang memantul tanah dan cukup untuk memperdaya Bazunu sekaligus mengubah kedudukan jadi 1-0 bagi United.

Para pemain tuan rumah menuntut hadiah tendangan penalti setelah menuduh McTominay menyentuh bola dengan tangannya di dalam kotak terlarang United, tapi wasit Andy Madley tak menghiraukan klaim itu.

Keunggulan United nyaris menguap begitu saja bila De Gea tak melakukan penyelamatan gemilang atas sundulan jarak dekat Joe Aribo, bola muntah ditanduk Kyle Walker-Peters tapi melambung di atas mistar gawang.

Jelang peluit bubaran, skena dramatis terjadi di muka gawang United ketika Dalot menyapu bola tendangan salto Sekou Mara demi menjaga keunggulan United 1-0 atas Southampton hingga laga berakhir.

Di pertandingan selanjutnya, Southampton akan menjamu Chelsea pada Selasa (30/8), sedangkan United baru merumput dua hari berselang di markas Leicester City.