Oceanman 2022 di Jimbaran Diikuti 461 Perenang dari 14 Negara
Oceanman di Jimbaran, Bali (Foto: ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Kompetisi renang Oceanman di perairan terbuka yang digelar di Pantai Muaya, Jimbaran pada 1-2 Juli 2022 berlangsung meriah. Kompetisi ini diikuti oleh 461 peserta, yang terdiri dari 386 peserta lokal dan 75 peserta asing dari 14 negara seperti Singapura, Thailand, Malaysia, Spanyol, Rusia, Ukraina, Belarusia dan Vietnam.

Oceanman mempertandingkan empat kategori yaitu Oceankid dengan jarak 1 kilometer, Sprint Oceanman 2 kilometer, Half Oceanman 5 kilometer, dan Oceanman dengan jarak 10 kilometer. Rute ajang ini membentuk sebuah segitiga dengan jarak sisi terpendek 333,3 m, sisi menengah 666,6 m, dan sisi terluas untuk kategori Oceanman masing-masing sisi berjarak 1,66 km.

Kejuaraan yang dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga S. Uno itu berlangsung pada pukul 6.40 WITA di empat kategori, yaitu Oceanman 10 kilometer, Half Oceanman 5 kilometer, Sprint Oceanman 2 kilometer, dan Oceankid 1 kilometer khusus untuk kategori anak-anak.

Para peserta berenang secara bergiliran dari titik start Pantai Muaya di area InterContinental Bali Resort, Jimbaran, diawali dari peserta renang 10 km, kemudian 5 km, 2 km, dan terakhir kelompok anak-anak 1 km.

Jalur berenang yang ditempuh para peserta membentuk bidang segitiga dengan jarak sisi terpendek sepanjang 333,3 meter, sisi menengah 666,6 meter, dan sisi terluas untuk kategori 10 kilometer masing-masing berjarak 1,66 kilometer.

Di sepanjang jalur berenang, ada buoy — semacam pelampung yang menjadi penanda — bagi para peserta agar tidak berenang keluar dari jalur. Tidak hanya penanda, panitia juga mengerahkan para penjaga pantai dan perenang profesional untuk mendampingi para peserta sekaligus memastikan keamanan dan keselamatan mereka.


Di ajang Oceanman Indonesia 2022, Menparekraf RI Sandiaga Uno bersama sejumlah atlet renang nasional seperti Aflah Fadlan Prawira, Glenn Victor Sutanto, I Gede Siman Sudartawa, dan Timotius Mulyadi turut berpartisipasi dalam kategori Sprint Oceanman 2 kilometer.

Para atlet renang nasional rata-rata mampu berenang selama kurang lebih 30 menit dan mereka masuk dalam kelompok 10 besar perenang yang tiba pertama di garis finish.

Sementara itu, Sandiaga berenang selama 45 menit sampai 50 menit. Dari garis pantai, Sandiaga terlihat berlari santai menuju garis finish.

Oceanman Indonesia merupakan kompetisi berenang perairan terbuka terbesar yang digelar oleh dua Olimpian Indonesia, Albert dan Felix C Sutanto. Kejuaraan yang digelar di Pantai Muaya, Jimbaran, menjadi kompetisi kedua yang digelar dua Olimpian Indonesia itu setelah mereka sukses menggelar Oceanman Indonesia di Pantai Sanur, Bali, pada 2021. Di dunia, kejuaraan berenang di perairan terbuka Oceanman digelar pertama kali pada 2015.