Rahasia di Balik Kesuksesan Courtois yang Menepis Penalti Atletico
Thibaut Courtois (Twitter @thibautcourtois)

Bagikan:

JAKARTA - Real Madrid meraih trofi Supercopa de Espana setelah mengalahkan Atletico Madrid di partai final yang berlangsung di Arab Saudi, Minggu, 12 Januari waktu setempat. Thibaut Courtois menjadi salah satu pahlawan Los Blancos dalam laga tersebut.

Dua rival sekota ini bermain imbang 0-0 selama 120 menit permainan di Stadion King Abdullah Sports City, Arab Saudi. Penjaga gawang internasional Belgia melakukan penyelamatan luar biasa dari Alvaro Morata dan Joao Felix di waktu normal.

Mantan pemain Chelsea menjadi sosok vital pada masa perpanjangan waktu. Setelah rekannya, Federico Valverde dihadiahi kartu merah, ia menggagalkan peluang Kieran Trippier dan Angel Correa, sebelum drama adu penalti.

Dan Courtois sekali lagi menjadi pahlawan, ketika ia mengagalkan tendangan penalti Thomas Partey - setelah tendangan Saul Niguez membentur tiang. Sementara Real Madrid, berhasil mengonversi keempat penalti mereka.

"Saya melihat penalti mereka sebelumnya di bangku cadangan bersama staf pelatih," katanya kepada wartawan dari Marca dalam wawancara setelah pertandingan.

"Saul sedikit mengejutkan saya dengan tendangan penaltinya, tetapi saya tahu di mana Thomas akan mengarahkan bola," Courtois menambahkan.

Penjaga gawang yang penah berkostum Atleti pada periode 2011-2014 ini mengaku tendangan Partey masih sulit ditaklukan. Soalnya, dia menendang bola dengan keras. Tetapi ia senang akhirnya bisa mengagalkan tendangan tersebut.

"Ini merupakan clean sheet bagi saya, dan kami pantas menang dengan kepercayaan diri yang kami tunjukkan dalam adu penalti."

Kemenangan Supercopa de Espana adalah gelar domestik pertama Courtois bersama Real Madrid, sejak kepindahannya dari Stamford Bridge musim panas 2018. Ini menjadi gelar kedua sang kiper di semua ajang setelah memenangkan FIFA Club World Cup pada tahun yang sama.

Real Madrid akan kembali bertanding ketika mereka kembali ke Spanyol dalam lanjutan La Liga. Los Merengues akan menghadapi pertandingan sulit melawan Sevilla akhir pekan nanti.