Bagikan:

JAKARTA - Laga Derbi Madrid antara juara La Liga musim 2021/2022 Real Madrid dan Atletico Madrid di Wanda Metropolitano pada Senin, 9 Mei dini hari berujung pahit bagi tim tamu. Los Blancos harus pulang dengan tangan kosong lantaran kalah 0-1.

Meski kalah dari tuan rumah, pelatih Carlo Ancelotti tidak terlalu ambil pusing. Kata dia, pada laga ini dirinya perlu mengistirahatkan sejumlah pemain sebagai persiapan menuju final Liga Champions melawan Liverpool pada 29 Mei mendatang.

Bagi Ancelotti, penampilan timnya kali ini tidak harus menuai kritik. Kendati ia tak terlalu suka performa anak asuhnya di babak pertama, bagi Ancelotti semua aman karena kehilangan tiga poin tidak mempengaruhi posisi mereka sebagai juara La Liga.

"Sekarang bukan waktunya untuk mengkritik kami di tahap ini. Kami tidak senang dengan penampilan kami di babak pertama karena banyak kesalahan dalam penempatan operan," ujar Ancelotti dilansir dari laman resmi klub.

"Mental sangat penting di laga seperti ini. Atletico memiliki keunggulan itu. Kami tidak membutuhkan poin, tetapi kami harus menampilkan performa yang baik. Kami bermain lebih baik di babak kedua,” katanya.

"Kami perlu mengistirahatkan para pemain yang lelah untuk mencegah potensi adanya masalah,” beber Ancelotti.

Kemenangan Atletico Madrid tercipta dari gol penalti Yannick Carrasco di menit ke-40. Di babak kedua, sejatinya Real Madrid punya beberapa kesempatan untuk menyamakan kedudukan. Tapi semua peluang gagal terealisasi hingga peluit panjang berbunyi.

Bagi Ancelotti, tak ada yang sia-sia dari usaha para pemainnya. Maka dari itu, sang pelatih tetap melihat sisi positif dari pergerakan timnya.

“Di babak kedua, kami bermain lebih bagus. Kami hampir bermain imbang dan kami harus meneruskan performa itu,” ungkap sang pelatih.

"Pertandingan-pertandingan ini membantu kami menemukan ritme kami dan kami memilikinya sampai hari ini,” lanjutnya.

Di sisi lain, Ancelotti mengungkap dirinya akan lebih sering melakukan rotasi pemain hingga jelang laga duel melawan Liverpool di Paris nanti. Hal itu dilakukan sang pelatih agar para pemainnya tetap bugar dan tidak mendapatkan cedera.

"Prioritas kami adalah menghindari masalah dan bagi para pemain yang belum banyak bermain, ini waktunya mereka untuk bermain - akan seperti itu di setiap pertandingan berikutnya," imbuhnya.

"(Karim) Benzema kelelahan dan belum pulih sepenuhnya. Prioritas utama saya adalah menghindari masalah. (Luka) Modric juga kelelahan dan saya memilih untuk tidak memainkannya sejak awal."

"Idenya adalah mereka semua akan tersedia untuk tanggal 28 (final Liga Champions lawan Liverpool) dan kami sedang memikirkannya,” tandas Ancelotti.