Ramos dan Varane: Sebuah Kisah Duet Bek Peraih 4 Gelar Liga Champions
Sergio Ramos dan Raphael Varane (Foto: MARCA)

Bagikan:

JAKARTA - Sergio Ramos dan Raphael Varane akan memasuki musim kelima mereka sebagai duet bek tengah Real Madrid. Musim ini, mereka terlihat lebih kuat dari sebelumnya. 

Ramos dan Varane telah menjadi salah satu pilar dari era kejayaan Real Madrid. Bersama keduanya, Los Blancos meraih empat gelar Liga Champions dalam lima tahun periode antara 2014 dan 2018.

Apa yang luar biasa, terutama di pasar saat ini, adalah gabungan harga kedua pemain saat Madrid membelinya hanya 40 juta euro.

Ramos tiba dari Sevilla pada tahun 2005 seharga 30 juta euro, sementara Varane bergabung dari Lens hanya dengan 10 juta euro saat masih berusia 18 tahun pada 2011.

Mereka telah mengoleksi ratusan pertandingan bersama, membangun salah satu duet defensif paling menonjol yang pernah ada dalam sepak bola.

Mereka masing-masing juga memenangkan Piala Dunia. Varane saat ini mengantongi 66 caps untuk Prancis, dan Ramos 173 untuk Spanyol. 

Meskipun tahun-tahun berlalu, kemampuan mereka tampaknya tidak berkurang sama sekali. Kedunya akan kembali memainkan peran kunci dalam upaya meraih trofi lainnya di musim 2020/21. 

Situasi ini sangat berbeda ketika Varane kali pertama tiba di Madrid. Bek Portugal Pepe yang menjadi duet Ramos saat itu. Sementara Varane bersaing dengan pemain-pemain bertahan seperti Ricardo Carvalho untuk mendapatkan posisi di samping Ramos. 

Ketika Varane mempertimbangkan masa depannya di luar Madrid, Zinedine Zidane menjadi pelatih di Estadio Santiago Bernabeu. Varane merasa dibutuhkan dan menjadi sosok penting. 

Dan sejak ia dan Ramos mulai bermain bersama secara reguler pada tahun 2015, mereka tidak dapat dipisahkan. 

Madrid telah mengontrak sejumlah pemain untuk menutupi posisi itu - termasuk pemain Brasil Eder Militao yang direkrut dari Porto dengan bayaran 50 juta euro. Tetapi tidak ada yang mampu menggeser keduanya.