Bagikan:

JAKARTA - Kemenangan Spanyol di Euro 2024 menambah panjang daftar pemain yang berhasil meraih gelar ganda atau double winner di klub dan tim nasional dalam musim yang sama.

Ada nama Dani Carvajal dan Nacho yang kini masuk daftar tersebut sebagai pemain ke-11 serta ke-12.

Carvajal dan Nacho memenangi Liga Champions 2023/2024 bersama Real Madrid dan Euro 2024 saat membela Spanyol pada musim panas yang sama.

Artinya, kemenangan Spanyol atas Inggris di final Euro 2024 menggagalkan upaya Jude Bellingham untuk masuk daftar tersebut.

Sebagaimana diketahui, Bellingham merupakan rekan Carvajal dan Nacho di Real Madrid yang memenangi Liga Champions 2023/2024. Sayang, dia gagal membawa Inggris menjuarai Euro 2024.

Carvajal dan Nacho mengikuti jejak 10 pemain lain yang mencapai prestasi tersebut.

Untuk memenuhi syarat sebagai peraih gelar ganda Eropa, pemain harus bermain dan menang di dua final turnamen besar level klub serta negara Eropa.

Sebetulnya ada satu nama lagi, yaitu Joselu. Namun, dia tak dimainkan saat melawan Inggris. Padahal, dia bagian dari Real Madrid saat mengalahkan Borussia Dortmund di final Liga Champions 2023/2024.

Pemain lain yang senasib dengan Joselu ialah Wim Kieft. Meskipun dia memenangi Liga Champions 1988 bersama PSV, ia tidak tampil bersama Belanda di final Euro 1988.

Mantan striker Real Madrid, Nicolas Anelka, setali tiga uang. Dia juga tak dimainkan di final Euro 2000 bersama Perancis.

Nasib Christian Karembeu lebih buruk. Dia memang masuk anggota skuad, tapi tidak dimainkan di final Liga Champions 2000 kala membela Real Madrid dan Euro 2000 saat berbaju Perancis.

Belum ada yang memenangi trofi Euro dan Liga Champions pada musim panas yang sama sejak 1996. Terakhir kali gelar tersebut menjadi milik Markus Babbel, Thomas Helmer, Thomas Strunz, Christian Ziege, Mehmet Scholl, dan Jurgen Klinsmann yang membela Jerman serta Bayern Munchen.

Selain syarat harus memenangi Liga Champions dan Euro pada musim sama, ada juga syarat lain untuk bisa masuk dalam daftar pemain peraih gelar ganda Eropa.

Syarat berikut ialah wajib bermain dan memenangi final Piala Dunia dan Liga Champions.

Nah, untuk syarat kedua ini, Christian Karembeu masuk daftar. Dia memenangi Liga Champions 1998 bersama Real Madrid dan Piala Dunia 1998 ketika membela Perancis.

Dua puluh tahun kemudian, Raphael Varane mengikuti jejak Karembeu. Dia memenangi Liga Champions bersama Real Madrid dan Piala Dunia 2018 ketika berseragam Perancis.

Varane juga menjadi pemain terakhir yang bisa mencapai predikat itu hingga saat ini.

Sami Khedira hampir bergabung daftar tersebut pada 2014. Namun, cedera saat pemanasan mencegahnya tampil bersama Jerman di final Piala Dunia melawan Argentina. Dua bulan sebelumnya, Khedira membawa Real Madrid juara Liga Champions.

Peraih Gelar Ganda Euro-Liga Champions

1964: Luis Suarez (Inter & Spanyol)

1988: Hans van Breukelen, Ronald Koeman, Berry van Aerle, Gerald Vanenburg (PSV Eindhoven & Belanda)

2012: Fernando Torres, Juan Mata (Chelsea & Spanyol)

2016: Cristiano Ronaldo, Pepe (Real Madrid & Portugal)

2020: Jorginho (Chelsea dan Italia)2024: Dani Carvajal, Nacho (Real Madrid dan Spanyol)

Peraih Gelar Ganda Piala Dunia-Liga Champions

1974: Sepp Maier, Paul Breitner, Hans-Georg Schwarzenbeck, Franz Beckenbauer, Gerd Muller, Uli Hoeness (Bayern & Jerman Barat)

1998: Christian Karembeu (Real Madrid & Prancis)

2002: Roberto Carlos (Real Madrid & Brasil)

2018: Raphael Varane (Real Madrid & Prancis)