Pol Espargaro Dihantui Tanda Tanya Lantaran Kecepatan Motor Honda RC213V Melempem
Pol Espargaro (Instagram @polespargaro)

Bagikan:

JAKARTA – Pebalap Repsol Honda Pol Espargaro dihantui tanda tanya pasca MotoGP grand prix Portugal. Ia dibuat heran lantaran kecepatan Motor Honda RC213V yang dikendarainya seakan-akan lenyap.

Espargaro menyelesaikan seri kelima Portugal dengan finis kesembilan di Sirkuit Portimao pada Minggu, 24 April malam WIB. Ia terpaut 16,769 detik dari juara bertahan Fabio Quartararo yang mengunci podium pertama.

Hasil ini membuat Espargaro pun jadi bertanya-tanya kira-kira apa penyebab kecepatan motornya seolah-olah hilang.

"Kami tidak puas dengan bagaimana balapan berlangsung. Kami tidak memiliki kecepatan hari ini. Saatnya untuk lebih memahami mengapa situasi ini terjadi karena selama pramusim kami tangguh," katanya dilansir dari laman resmi tim Repsol Honda.

Balapan di Portugal benar-benar meninggalkan pekerjaan rumah bagi Honda. Pasalnya hanya Espargaro, hasil buruk juga diperoleh oleh pebalap mereka yang lain.

Juara dunia MotoGP enam kali, Marc Marquez, juga tidak bisa mendapat podium. Pebalap asal Spanyol itu hanya finis di tempat keenam, diikuti oleh adiknya Alex Marquez (LCR) di tempat ketujuh, dan Taakaki Nakagami jauh di posisi ke-16.

"Kami harus terus bekerja, kami harus bekerja lebih keras dari para pesaing kami untuk mengatasi masalah ini. Untungnya, kami memiliki insinyur yang luar biasa di Jepang dan tim yang hebat di sini di trek untuk bekerja sama," ujar Espargaro.

Balapan selanjutnya akan berlangsung di Sirkuit Jerez, Spangol, pada 1 Mei nanti. Espargaro berharap saat balapan di kandang nanti timnya sudah menemukan solusi atas kecepatan yang dimiliki oleh RC213V.

"Jerez adalah tempat yang baik untuk membalikkan situasi ini dan saya senang kami bisa langsung pergi ke sana untuk terus bekerja. Sudah ada beberapa ide untuk mengubah situasi di Jerez. Jadi saya harap cuaca di sana mendukung," katanya.

Klasemen MotoGP saat ini dipegang oleh Quatararo dengan 61 poin, disusul Alex Rins dengan jumlah poin yang sama di tempat kedua. Sementara itu, Esparago masih menghuni tempat ke-12 dengan koleksi 30 poin.

Sejauh ini Espargaro baru menikmati satu kali podium dari lima balapan yang telah digelar. Satu-satunya podium itu adalah finis posisi ketiga pada seri pembukaan di Sirkuit Internasional Qatar pada Maret lalu.