Bagikan:

JAKARTA - Chelsea bakal menjamu Arsenal dalam laga tunda pekan ke-25 Liga Inggris 2021/2022 pada Kamis dini hari. Menjelang laga ini, pelatih The Blues, Thomas Tuchel mengisyaratkan tak akan memainkan Romelu Lukaku.

Menurut Tuchel, Lukaku tak layak bermain karena ia tidak dalam kondisi terbaik usai cedera. Striker asal Belgia itu disebut sang juru taktik tidak dalam keadaan yang siap untuk tampil membela tim.

“Setelah periode cedera, dia (Lukaku) tidak memiliki kebugaran yang layak untuk pertandingan. Saya tidak menyalahkannya. Itu hanya fakta. Ini bahkan bukan salahnya," ujar Thomas Tuchel dikutip dari Football London, Rabu.

“Memainkannya sebagai starter adalah opsi. Namun, jika dia tampil sejak menit awal, kami membutuhkannya secara fisik. Mungkin dia tidak bisa bermain 90 menit, mungkin cuma 60 menit," katanya.

Tuchel kemudian menyebut dalam periode penting jelang berakhirnya musim, Chelsea membutuhkan pemain yang memiliki ritme yang baik dan siap tampil dalam kondisi bugar. Sementara untuk hal itu, Lukaku tak masuk dalam syarat yang disebutkan.

"Di periode penting musim, yang Anda butuhkan adalah ritme tertentu yang cepat dan itu sepertinya tak ada pada dia (Lukaku)" sambung Tuchel.

Lebih jauh, Tuchel menjelaskan Lukaku harus bisa mengangkat bebannya sendiri dalam periode sulit kariernya bersama Chelsea. Tuchel ingin eks pemain Manchester United itu bisa berjuang untuk menemukan kembali ketajamannya.

“Saya tidak berpikir dia membutuhkan inspirasi. Apa yang dia butuhkan adalah mungkin satu momen itu (kembali impresif), satu percikan semangat,” beber sang pelatih.

Untuk saat ini, Chelsea menduduki posisi tiga klasemen dengan koleksi 62 poin dari 30 pertandingan. Mereka terpaut 12 poin dari Manchester City di peringkat kedua, dan cuma unggul lima poin dari Tottenham di posisi empat.