Jadi Kebanggaan Anies Baswedan, Venue IYC 2021 JIS Ternyata Menyimpan Kekurangan di Mata Pelatih Indonesia All Star U-18
Pelatih Indonesia All Star U-18, Ilham Romadhona (tengah), menyebut kekurangan JIS yang jadi venue IYC 2021. (Foto: Instagram/@iycindonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Stadion Internasional Jakarta (JIS) menjadi venue penyelenggaraan ajang International Youth Championship (IYC) 2021. Stadion yang jadi kebangaan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, ini disebut memiliki fasilitas dan kualitas dunia.

JIS merupakan stadion sepak bola dengan kapasitas maksimal 82 ribu penonton yang selesai dibangun pada tahun 2022. Proses konstruksi dilakukan selama tiga tahun berikut dua lapangan latihan yang ada di dekatnya.

Lapangan JIS menggunakan rumput padu (hybrid). Lima persen dari rumput itu buatan (sintetis) berjenis "limonta" dan sisanya rumput alami dari spesis Zoysia matrella yang berasal dari Boyolali, Jawa Tengah.

JIS belum dibuka secara penuh. Peluncuran awal (soft launching) baru akan dilakukan pada 19 April 2022 atau pada hari laga final IYC 2021 digelar.

Namun, ada kekurangan yang dilihat pelatih tim U-20 Indonesia All Star, Ilham Romadhona, dari stadion ini. Dia menilai kualitas lapangan JIS perlu ditingkatkan, terutama di beberapa sisi.

"Untuk stadion sebesar ini, harus ada perbaikan terutama di bagian pinggir yang kurang sempurna. Rumputnya kurang tebal dan agak kering. Mudah-mudahan bisa dikelola dengan baik karena JIS ini juga menjadi salah satu stadion kebanggaan kami," ujar Ilham dalam konferensi pers di JIS, seperti dikutip Antara.

Pria yang pernah menjadi pelatih pendamping tim Garuda Select itu menekankan, kualitas fasilitas merupakan salah satu dari tiga faktor penting dalam pengembangan sepak bola.

Itulah yang membuat dia berharap JIS bisa terus dipakai untuk berbagai kompetisi sepak bola, terutama yang melibatkan pemain belia, dan tidak hanya berhenti di International Youth Championship (IYC) 2021 yang kini tengah berlangsung.

"Saya berharap semoga ada turnamen usia dini di sini, selain U-18 dan U-20," tutur Ilham.