Persija Bukan yang Pertama Kali Mencoba JIS di Turnamen IYC, PSI: Seperti Ngekos di Rumah Sendiri
Jakarta International Stadium/Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta Anggara Wicitra Sastroamidjojo mengkritik sikap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang tak mengupayakan kehadiran klub sepak bola Persija untuk ikut menjajal Jakarta International Stadium (JIS) dalam gelaran turnamen International Youth Championship (IYC).

Anggara mengungkapkan, turnamen pertama yang digelar di JIS ini seharusnya melibatkan Persija. Status Persija sebagai tuan rumah dari JIS adalah hal penting yang harus ditegaskan.

Mengingat, JIS merupakan stadion pengganti Stadion Lebak Bulus yang kini telah dialihfungsikan untuk depo MRT. Stadion ini pun digadang-gadang menjadi kandang Persija.

"Bagaimanapun ini jadi laga pertama dalam sejarah JIS. Sejak awal Pak Anies selalu mengatakan JIS dibangun untuk Persija dan Jakmania, tetapi ternyata bukan mereka yang pertama merasakan bermain di sana. Saya rasa ini sangat tidak bisa di terima, berdirinya di atas tanah Jakarta, dibayar pakai uang pajak masyarakat Jakarta tetapi tim kebanggaan Jakarta tidak diutamakan," kata Anggara dalam keterangannya, Kamis, 14 April.

Anggara berpendapat bahwa seharusnya status JIS sebagai basecamp Persija dirampungkan dulu baru dilaksanakan pertandingan-pertandingan. Anggara pun mendesak Pemprov DKI mendirikan kantor sekretariat The Jak di kawasan JIS.

"Kalau memang komitmennya JIS untuk Persija dan Jakmania, disahkan dulu stadion ini jadi kandang kita, bikin dulu kantor sekretariat The Jak, hiasi stadion dengan atribut Persija, baru terima tamu. Kalo kayak sekarang kan Persija seperti cuma dianggap anak kos, bukan tuan rumah," ucap Anggara.

Sebagai informasi, turnamen International Youth Championship (IYC) 2021 mulai berlangsung pada 13-19 April di Jakarta International Stadium (JIS). Agenda ini diramaikan empat tim yaitu Barcelona U-18, Atletico Madrid U-18, Bali United U-18 dan Indonesia All Star U-20.

IYC 2021 mengusung format turnamen fase grup, yang mana dua tim dengan poin teratas berhak masuk ke final. Sementara, dua tim sisa akan bertanding di pertandingan perebutan juara ketiga. Pertandingan fase grup akan berlangsung pada 13, 15, dan 17 April 2022.