Kekayaan Bersih Tiger Woods 2022: Berapa Penghasilannya per Turnamen?
Tiger Woods (Twitter @tigerwoods)

Bagikan:

JAKARTA - Augusta National akan menyambut kembalinya Tiger Woods ke dalam turnamen Masters pada tahun 2022. Artinya, golf mendapatkan kembali salah satu yang terbaik sepanjang masa.

Namun di luar golf, Woods juga dikenal karena aktivitas bisnisnya. Kekayaan bersihnya adalah angka yang mengesankan yang jauh melampaui para pesaingnya.

Woods diperkirakan memiliki kekayaan bersih sekitar 800 juta dolar Amerika Serikat pada tahun 2022, menyusul kesuksesan baik di dalam maupun di luar lapangan golf.

Bahkan sekarang, setelah kontroversi dalam kehidupan pribadinya dan kecelakaan mobil yang membuatnya absen selama hampir satu tahun, penghasilannya masih mengesankan, yakni 50 juta dolar AS per tahun.

Setelah menghasilkan 2,1 miliar dolar AS sepanjang kariernya, tidak ada lagi pemain golf yang lebih kaya dari Woods. Hanya Michael Jordan, dengan penghasilan 2,62 miliar dolar AS yang dapat menyaingi penghasilan Woods.

Woods memperoleh kekayaannya terutama dari memenangkan kompetisi golf, misalnya, 2,07 juta dolar AS yang dia menangkan di Masters 2019. Namun, ia juga memperoleh sejumlah besar pendapatan dari sponsor dan dukungan.

Gaji Woods yang dikabarkan sebesar 50 juta dolar AS hanyalah titik awal, karena periode 12 bulan selama 2019/20 dirinya mampu meraup 63 juta dolar AS dalam pendapatan sponsor. Ia memperoleh 10 juta dolar AS untuk membantu merancang lapangan golf di seluruh dunia dan dapat memperoleh hingga 1,5 juta dolar AS hanya untuk tampil di kompetisi golf.

Woods didukung oleh Nike dan menandatangani perjanjian pertamanya senilai 40 juta dolar AS selama lima tahun. Dia menandatangani kesepakatan lain dengan raksasa pakaian olahraga itu pada tahun 2001, senilai 100 juta dolar AS, dan satu lagi pada tahun 2006 yang bernilai 40 juta dolar AS per tahun selama delapan tahun.

Pada tahun 2013, kontraknya diperpanjang. Meskipun beberapa elemen juga dipotong, tapi nilainya mencapai 200 juta dolar AS. Dukungan dan sponsor lainnya termasuk TaylorMade, Monster, GOLF TV, Bridgestone, Kowa, Hero, Upper Deck, Full Swing Simulators, dan Centinel Spine.

Gatorade juga pernah memproduksi minuman khusus, yang disebut "Gatorade Tiger" yang menghasilkan 100 juta dolar AS selama lima tahun, dan dukungan Gillette juga menghasilkan 20 juta dolar AS.