<i>Breaking News</i>! F1 Bakal Gelar <i>Night Race</i> di Las Vegas Mulai 2023
Formula 1 akan menggelar balapan malam hari di Las Vegas. (Foto: Instagram)

Bagikan:

JAKARTA – Formula 1 (F1) mengumumkan satu seri baru untuk balapan musim depan. Seri yang masuk kalender 2023 itu adalah Las Vegas, Amerika Serikat.

Masuknya Las Vegas dalam kalender balapan diumumkan F1 dan Otoritas Konvensi dan Pengunjung Las Vegas melalui akun media sosial mereka pada Kamis, 31 Maret, pagi WIB. Balapan ini akan digelar pada malam hari di bulan November.

Seri ini menandai balapan F1 ketiga yang digelar di Amerika Serikat. Sebelumnya negara itu sudah punya dua seri masing-masing di Miami Grand Prix dan Grand Prix Amerika Serikat di Texas.

 

F1 sebelumnya pernah dihelat di Las Vegas yang berlangsung dari 1981 hingga 1984. Saat itu balapan di sini dikenal dengan Caesars Palace Grand Prix.

"Ini adalah momen luar biasa untuk Formula 1 yang menunjukkan daya tarik besar dan pertumbuhan olahraga kami dengan balapan ketiga di AS. Las Vegas adalah tujuan yang dikenal di seluruh dunia karena kehebohan, keramahan, sensasi, dan tentu saja, Las Vegas Strip yang terkenal," kata CEO F1 Stefano Domenicali dikutip dari Sport Illustrated.

Sirkuit sepanjang 3,8 mil atau 6,12 km ini punya tiga lintasan utama yang lurus dan 14 tikungan. Kecepatan tertinggi mobil F1 diperkirakan mencapai lebih dari 212 mil per jam (312 km). Balapan akan digelar dalam 50 lap untuk menentukan podium.

"Tidak ada tempat yang lebih baik untuk balapan Formula 1 selain di ibukota hiburan global dunia dan kami tidak sabar untuk berada di sini tahun depan. Saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang membantu terselenggaranya acara ini," Domenicali melanjutkan.

F1 pada musim ini akan melangsungkan 23 seri balapan atau terpanjang dalam kalender balapan yang pernah ada. Jumlah itu diprediksi meningkat lagi karena di Afrika belum menggelar balapan sejauh ini.

Informasinya sebuah negara di Afrika bakal segera masuk dalam kalender balapan jet darat itu dan segera diumumkan. F1 musim 2022 saat ini sedang berlangsung dan sudah menyelesaikan Grand Prix Bahrain yang bergulir pada 20 Maret lalu.