Optimistis Timnas Voli Putra Pertahankan Emas di SEA Games Hanoi, Menpora: Saya Percaya dengan Kualitas Para Pemain
Menpora Zainudin Amali (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali percaya tim voli putra bisa mempertahankan medali emas di SEA Games Hanoi 2021 pada 12-23 Mei mendatang.

Tim voli putra membawa pulang medali emas dari SEA Games 2019 di Filipina. Ketika itu mereka menempati podium teratas usai mengalahkan tuan rumah di laga pamungkas.

"Saya yakin dan percaya dengan kualitas para pemain, dengan kompetisi yang dilakukan ini, Insyaallah kita masih bisa mempertahankan medali emas Vietnam yang akan datang," kata Amali dalam keterangan resmi.

Sejauh ini timnas bola voli belum terbentuk untuk ajang di kawasan Asia Tenggara itu. Oleh karena itu, mereka belum bisa memulai pemusatan latihan nasional (Pelatnas).

Menpora mengatakan bahwa saat ini pihaknya masih menunggu keputusan peninjauan ulang terkait kepastian pengiriman timnas bola voli ke SEA Games Hanoi nanti. Keputusan itu kemungkinan sudah keluar sebelum akhir bulan ini.

"Kita sedang menunggu tim review, tim review sedang melihat (potensi prestasi) kita tidak bisa memaksakan. Kalau tim review ternyata keputusannya seperti apa. kita objektif," ujar Menpora.

Bola voli sendiri menjadi salah satu cabang olahraga unggulan dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). DBON ini memiliki landasan hukum Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021.

Menpora optimis dengan keberadaan DBON dan kompetisi Proliga yang sehat membuka peluang lahirnya talenta dan bibit pemain muda yang potensial. Dengan demikian, otomatis tim nasional yang tangguh juga akan terbentuk.

"Klub-klub setiap tahunnya semakin bertambah. Maka tentu untuk talenta-talenta dan bibit bibit unggul yang menjadi pengisi tim nasional Indonesia semakin banyak pilihannya," ujar Amali.