Tim Pelatnas Renang Gelar <i>Time Trial</i> Persiapan SEA Games Hanoi
Atlet renang Azzahra Permatahani saat menjalani time trial di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Senin, 21 Februari 2022 (HUMAS PRSI)

Bagikan:

JAKARTA – Tim renang Indonesia yang bergabung di pemusatan latihan nasional (Pelatnas) menggelar time trial. Itu sebagai persiapan menuju SEA Games Hanoi.

Time trial digelar di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Senin, 21 Februari. Kegiatan itu dipimpin langsung pelatih Michael Piper.

"Tujuan time trial ini untuk mempersiapkan atlet menuju kompetisi, karena saat ini tidak ada kompetisi. Jadi kami melakukan improvisasi dengan rutin menggelar time trial, supaya atlet terbiasa dengan atmosfer kompetisi," kata Piper dalam keterangan yang diterima oleh VOI.

Tim renang menjalani Pelatnas persiapan SEA Games Hanoi sejak awal Februari lalu. Selama atlet berada di Pelatnas tim pelatih rutin menggelar time trial dua pekan sekali untuk mengetahui perkembangan catatan waktu terbaik dari masing-masing atlet.

Dalam time trial kali ini, pelatih menguji nomor estafet 4x100 meter gaya ganti serta wajib sprint 50 meter bagi semua perenang. Sementara itu, khusus Azzahra Permatahani diuji nomor 200 meter gaya ganti. 

"Dibandingkan time trial sebelumnya, saat ini ada kemajuan, terutama untuk 50 meter awal semuanya semakin cepat. Tinggal bagaimana memperbaiki di 50 meter terakhir. Kita masih punya waktu 12 pekan. Ini yang harus dimanfaatkan," ujar Piper. 

Selain Azzahra atlet lain yang berpartisipasi adalah Glen Victor Sutanto, I Gede Siman Sudartawa, Gagarin Nathaniel Yus, Aflah Fadlan Prawira, Farrel Armandio Tangkas, Joe Aditya, Andi Muhammad Nurizka, Erick Ahmad Fathoni, Reza Bayu Prasetyo, Patricia Yosita, A.T. Vannesae Evato, Flairene Candrea, dan Angel Gabriele Yus.

Azzahra dan kawan-kawan akan mengikuti uji coba ke Singapore National Age Group (SNAG) Championship di Singapura pada 17-21 Maret 2022 nanti. Sebelum ke Singapura, PB PRSI akan menggelar seleksi akhir untuk menentukan atlet-atlet yang akan membela Indonesia di ajang SEA Games nanti.

"Time trial kali ini cukup memuaskan, khususnya di nomor gaya punggung. Namun, untuk 200 meter gaya ganti saya belum puas, akan terus saya perbaiki. Pelatih punya cara tersendiri untuk terus meningkatkan kemampuan dan saya terus mempelajarinya," ucap Azzahra.

SEA Games Hanoi akan berlangsung pada 12-30 Mei mendatang. Acara multi cabang se-Asia Tenggara itu seharusnya digelar tahun lalu, tetapi ditunda imbas virus COVID-19.