Viral Momen Haru Penggawa Athletic Bilbao Kompak Cukur Rambut Tunjukkan Solidaritas untuk Yeray Alvarez yang Derita Kanker
Yeray Alvarez (Instagram.com/@yerayalvarez)

Bagikan:

JAKARTA - Video singkat yang menunjukkan momen haru penggawa Athletic Bilbao kembali viral di media sosial. Video itu memperlihatkan kekompakan para pemain dan staf klub yang rela mencukur habis rambut mereka sebagai bentuk solidaritas.

Dikutip dari Daily Star, Sabtu, 19 Februari, aksi cukur rambut itu dilakukan seluruh pemain dan staf Bilbao untuk mendukung rekan mereka, Yeray Alvarez yang mengidap kanker.

Yeray didiagnosa menderita kanker testis pada Desember 2016 lalu. Sebelum didiagnosa mengidap kanker, Yeray sejatinya baru saja masuk ke tim utama Bilbao dan mengincar kemungkinan panggilan internasional.

Tapi kabar soal kesehatannya membuat bek Spanyol ini harus menunda semua rencana demi menjalani operasi. Sebulan setelah operasi pertama, Yeray dalam keadaan baik. Tapi tes lanjutan pada bulan Juni menemukan kelainan kanker lebih lanjut.

Keadaan itu kembali membuat Yeray harus menjalani kemoterapi cukup lama hingga pada tahun 2017 ia dinyatakan sembuh. Namun begitu, dampak kemoterapi membuat rambutnya rontok dan menjadi botak.

Setelah sembuh, Yeray tampak mengunjungi rekan-rekannya di tim. Tapi betapa terkejutnya ia ketika memasuki ruang ganti Bilbao dan melihat para pemain secara kompak tampil dengan rambut plontos yang sama dengan dirinya.

Dalam video yang beredar, Yeray tampak benar-benar kehilangan kata-kata ketika wakil kapten Bilbao, Markel Susaeta mendekatinya untuk menjelaskan semuanya. Suasana makin haru ketika seluruh skuad, di mana juga terlihat Kepa Arrizabalaga dan Aymeric Laporte mulai menghampiri dan meneriakkan namanya.

“Bagi siapa pun yang bertanya-tanya, dia mengalahkan kanker dua kali sekarang, dia masih bermain minggu demi minggu untuk Bilbao dan dia mendapat kontrak tujuh tahun tiga tahun lalu. Sungguh pejuang,” komentar netizen pada video yang menunjukan momen Yeray bersama penggawa Bilbao lainnya.

Terlepas dari momen haru itu, Yeray sendiri sudah dinyatakan benar-benar sembuh dari kanker. Ia kembali menjalani kariernya sebagai pesepak bola di tim senior Bilbao pada Februari 2018 dan kini telah menjadi pemain reguler di tim.