Temuan Kasus COVID-19 Buat Myanmar Mundur dari Piala AFF U-23, Ikuti Jejak Timnas Indonesia
Myanmar mencapai tempat kedua di Grup A Kualifikasi Piala Asia AFC 2019 setelah kemenangan fantastis 4-0 melawan Makau (INSTAGRAM @myanmarff)

Bagikan:

JAKARTA – Tim nasional Myanmar U-23 resmi memutuskan mundur dari Piala AFF U-23 yang saat ini sedang berlangsung di Kamboja. Ini setelah temuan kasus COVID-19 dalam tim tersebut.

Myanmar seharusnya menjalani pertandingan melawan Malaysia di pertandingan pertama penyisihan Grup B di Stadion Prince pada Selasa, 15 Februari. Namun, kasus COVID-19 membuat Myanmar harus menarik diri dari ajang kelompok umur tersebut.

"Federasi Sepak Bola Myanmar (MFF) telah memberi tahu Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) hari ini bahwa mereka telah mengundurkan diri dari Kejuaraan AFF U-23 2022 karena COVID-19," tulis AFF di situs resmi mereka.

Keputusan Myanmar mundur sebagai bagian dari langkah-langkah kesehatan dan keselamatan untuk turnamen yang sedang berlangsung. Mereka menarik tim dari turnamen untuk membantu meminimalkan risiko penyebaran COVID-19. 

Pemain dan staf yang diidentifikasi punya kontak dekat dengan pasien juga telah ditempatkan di ruang isolasi untuk diperiksa. 

"Penggemar sangat ingin melihat tim beraksi. Namun, kesehatan dan keselamatan semua orang yang terlibat adalah yang paling penting dan kami sepenuhnya memahami keputusan yang telah dibuat. Kami berharap anggota yang terkena corona bisa cepat pulih," kata Presiden AFF Mayor Jenderal Khiev Sameth.

Myanmar merupakan tim kedua yang terkena imbas COVID-19 sehingga batal berpartisipasi di AFF U-23. 

Sebelumnya tim nasional Indonesia sudah terlebih dulu mundur setelah sejumlah pemain positif pada jadwal hari keberangkatan ke Kamboja.

Saat itu terdapat tujuh pemain positif timnas Indonesia yang positif dan sejumlah pemain lain dalam pemantauan. Situasi makin sulit bagi Timnas Indonesia U-23 karena ada pemain yang juga berada dalam kondisi cedera.