Nasib Piala Asia U-19 Uzbekistan Ditentukan Hari Ini
Ketum PSSI Mochamad Iriawan (Foto: AntaraI)

Bagikan:

JAKARTA - Nasib Piala Asia U-19 di Uzbekistan yang rencananya digelar Oktober akan ditentukan hari ini. Sebelumnya Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) melontarkan wacana untuk menunda kompetisi seiring masih masifnya pandemi COVID-19 di Asia.

"Hari ini akan diputuskan apakah turnamen Piala Asia U-19 berjalan atau tidak," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dalam webinar di  Jakarta, Selasa, yang dilansir Antara.

Saat ini timnas Indonesia U-19 tengah melakukan pemusatan latihan (TC) di Kroasia dalam mempersiapkan diri untuk Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20.

AFC sendiri masih melakukan kajian soal pelaksanaan Piala Asia U-19 yang dalam keterangan resminya kemungkinan ditunda kembali akibat pandemi.

Meski begitu, PSSI tetap akan menjalankan pemusatan latihan agar skuat Garuda Muda matang hingga tiba waktunya Piala Dunia U-20 yang sampai saat ini masih sesuai jadwal.

"Tahun 2021 kita akan jadi tuan rumah dan kita perlu persiapan yang matang. Di mana kita juga ingin melihat pelatih kita untuk mendapatkan pemain yang di luar list yang ada," kata Iriawan.

Sebelumnya, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) mempertimbangkan menunda Piala Asia U-16 dan U-19 tahun ini yang masing-masing di Bahrain serta Uzbekistan karena pandemi COVID-19.

Laman resmi Asosiasi Sepak Bola Uzbekistan (UFA) menyebutkan AFC telah mengirimkan surat resmi ke federasi-federasi anggotanya yang menjadi peserta kompetisi agar mempelajari potensi penjadwalan ulang dua turnamen itu.

Menurut AFC, wacana penundaan itu timbul karena beberapa federasi anggota yang akan bersaing pada Piala Asia U-16 dan U-19 kesulitan menyiapkan tim nasional di tengah pandemi.

Mereka juga mengeluhkan sulitnya penerbangan ke Bahrain dan Uzbekistan. Disebutkan pula, dengan alasan yang sama, Uni Emirat Arab akan membatalkan Piala Asia Futsal Antarklub di negaranya.