Di Bawah Suhu 17 Derajat, Fisik Timnas U-19 di Kroasia Terus Digenjot
Timnas U-19 Indonesia (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Manajer pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong secara bertahap meningkatkan porsi latihan timnas U-19 di Kroasia. Timnas akan menghadapi sejumlah uji coba di negara Balkan.

Dikutip dari Antara, Selasa, 1 September, setelah berlatih ringan beberapa jam setelah tiba di Kroasia pada Minggu kemarin, timnas U-19 langsung menjalani tiga kali latihan yaitu pada pukul 10.30, 16.00 dan 21.00 waktu setempat mulai Senin.

"Kami meningkatkan intensitas latihan mulai hari ini. Kami memberikan materi taktik dan lain-lain," ujar Shin.

Menurut juru taktik asal Korea Selatan itu, performa para pemainnya terus menunjukkan perbaikan.

Amiruddin Bagas dan kawan-kawan tidak menemui kesulitan dalam beradaptasi. Mereka menunjukkan kerja keras dan semangat dalam setiap kesempatan.

"Perkembangan tim setiap hari semakin positif," ujar Shin.

Kroasia memiliki iklim yang berbeda dengan Indonesia. Di sana, suhu pada pagi sampai siang hari berkisar 25-26 derajat Celcius dan pada malam situasi semakin dingin dengan suhu 16-17 derajat Celcius. Itu belum lagi ditambah hujan yang kerap turun ketika sore hari.

Namun, situasi tersebut tidak menyurutkan motivasi timnas U-19. Mereka tetap fokus melaksakan latihan tahap demi tahap.

"Materi latihan dari pelatih sangat bagus, kami menjalankan latihan sesuai yang diinginkan tim pelatih. Selain latihan kami juga sudah siap menjalani beberapa laga uji coba di sini," kata bek kanan timnas U-19 Ammiruddin Bagas Kaffa.

Turnamen persahabatan diundur

Sementara itu, turnamen persahabatan internasional U-19 di Kroasia, dari sebelumnya dimulai 2 September menjadi 5 September. PSSI menyambut baik keputusan ini.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dalam pernyataannya hari ini mengatakan, pengunduran tersebut bagus untuk para pemain.

"Karena dapat melakukan persiapan lebih panjang sebelum menjalani pertandingan uji coba tersebut," kata Iriawan, dikutip dari Antara.

Menurut pria yang akrab disapa Iwan Bule itu, penggeseran tanggal turnamen persahabatan tersebut merupakan permintaan dari federasi sepak bola Kroasia (HNS).

Dengan demikian, di turnamen yang diikuti empat negara itu, timnas U-19 Indonesia akan menghadapi Bulgaria pada Sabtu, 5 September, melawan tuan rumah Kroasia pada Selasa (8 September) dan menjajal kekuatan Arab Saudi pada Jumat (11 September).

Iriawan menambahkan, selain ketiga negara tersebut, timnas U-19 juga akan mengikuti beberapa laga uji coba di Kroasia dengan lawan-lawan berkualitas baik seperti timnas U-19 Qatar, Bosnia dan Herzegovina serta tim muda Dinamo Zagreb.

Timnas U-19 Indonesia yang ditangani manajer pelatih Shin Tae-yong tiba di Kroasia pada Minggu kemarin dan dijadwalkan berada di sana selama satu bulan.

Ada 28 pemain dan 15 ofisial, termasuk pelatih, yang mengikuti kegiatan di Kroasia.

TC itu digelar sebagai persiapan menuju Piala Asia U-19 edisi 2020 di Uzbekistan pada 14-31 Oktober. Namun, berdasarkan kabar terkini, ada kemungkinan turnamen tersebut ditunda oleh AFC karena pandemi COVID-19.

Setelah Piala Asia U-19, timnas U-19 diproyeksikan untuk berkompetisi di Piala Dunia U-20 tahun 2021 yang dilaksanakan di Indonesia pada 20 Mei-12 Juni 2021.