Dipercaya Jadi Ketua Penyelenggara ASEAN Para Games 2022, Gibran Rakabuming: Solo Sudah Siap Gelar <i>Event</i> Internasional
Gibran Rakabuming (HUMAS KEMENPORA)

Bagikan:

JAKARTA – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming diberi amanat menjabat Ketua Panitia Penyelenggara ASEAN Para Games atau Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC). 

”Tadi saya mendapatkan amanat untuk menjadi Ketua INASPOC,” kata Gibran dalam keterangan yang diterima oleh VOI.

Kepercayaan tersebut diberikan untuk putra Presiden Joko Widodo itu setelah kota Solo dinyatakan menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022 menggantikan Vietnam. 

Solo dipercaya menjadi tuan rumah melalui surat keputusan yang dikeluarkan oleh ASEAN Para Sports Federation (APSF) pada tanggal 14 Januari 2022. Meski demikian, Indonesia masih harus menunggu surat bebas sanksi dari WADA sampai tanggal 15 Februari nanti. 

”Saya mendapatkan berita baik dari Ketua NPCI di mana kita dipercaya menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022. Kepercayaan ini luar biasa sekali bagi kota Solo,” kata Gibran.

Dalam pertemuan dengan Ketua Umum NPCI Senny Marbun, Gibran mengaku bangga karena Solo akhirnya ditetapkan sebagai tuan rumah ASEAN Para Games tahun ini. Ia juga merasa tertantang sekaligus senang bisa dipercaya untuk menjadi Ketua INASPOC. 

”Nantinya dalam waktu enam bulan ke depan, kita akan koordinasikan venue-venue yang kurang baik untuk direnovasi. Solo sudah siap untuk menggelar event internasional dan ini sangat luar biasa,” kata dia.

Nantinya venue pertandingan tidak hanya di kota Solo, tetapi juga akan tersebar di sejumlah kota di sekitarnya. Di antaranya Karanganyar dan Boyolali yang sudah siap.

Ini merupakan kesempatan kedua bagi Indonesia untuk menjadi tuan rumah ajang dua tahun itu. Sebelumnya Indonesia juga pernah menjadi tuan rumah ajang tersebut pada 2011 di tempat yang sama.

Rencananya ASEAN Para Games edisi ke-11 ini akan digelar pada tanggal 20-31 Juli 2022. Selain membuat persiapan venue, NPCI juga terus melakukan persiapan atlet dengan menggelar Pelatnas.